PKB Siap Berkoalisi Dengan Golkar

kotatuban.com- Pencalonan bupati dari partai kebangkitan bangsa hingga hari ini masih menyisakan satu persoalan. Pasalnya, sampai saat ini, PKB belum mampu mengajak satu pun partai untuk diajak berkoalasi menambah kekurangan syarat pencalonan.

Sebagaimana diketahui, pada pemilu Legislative 2009 lalu, partai yang mengklaim sebagai partainya kaum Nahdliyin ini hanya meraup 7 kursi. Sesuai ketentuan yang ada, untuk dapat mendaftarkan pasangan calon, partai politik aau gabungan partai politik harus mempunyai kursi minimal 15 % dari total kursi yang ada di DPRD.

Dalam konteks DPRD Tuban, bilangan itu berarti 7,5 yang kemudian dibulatkan menjadi 8. Artinya, PKB membutuhkan tambahan minimal 1 kursi lagi untuk dapat mendaftarkan pasangan calon. Bila sampai akhir masa pendaftaran calon PKB belum mendapatkan mitra koalisi, dipastikan akan gagal mengikuti Pemilukada mendatang.

Noor Nahar Husein, calon bupati yang diusung oleh PKB, mengakui hingga saat ini pihaknya sedang berjuang keras untuk menutupi kekurangan tersebut. “Saya sedang berusaha maksimal untuk menggandeng teman-teman partai lain. Bukan semata-mata untuk berkoalisi menambah kekurangan, tapi lebih dari itu, koalisi untuk membangun Tuban lebih baik “, ujarnya.

Saat ditanya partai apakah yang sedang diincar PKB untuk diajak berkoalisi, tokoh yang pernah gagal 2 kali dalam Pemilukada Tuban ini menyatakan bahwa semua partai punya potensi untuk bermitra dengan PKB. “Kami sangat terbuka, dengan siapapun kami siap, asal visi dan misinya searah dengan garis perjuangan kami”, katanya menambahkan.

Selanjutnya, pria yang juga ketua Kadin Tuban tersebut mengatakan bahwa saat ini, secara politis, pihaknya sudah mempersiapkan segalanya untuk pemenangan Pemilukada. “Kali ini, Insya Alloh giliran kami yang menang”, ujarnya optimis.

Disinggung soal kemungkinan munculnya NonStop jilid II, Noor Nahar menganggap hal tersebut sebagai satu kemungkinan yang sangat bisa terjadi. “Saya tegaskan, PKB sangat wellcome. Bahkan dengan Golkar pun kami siap, asal bukan dengan Incumbent atau orang-orangnya”, ujarnya mantap.

Ditanya alasannya, Ia menjawab bahwa visi perjuangan dan perubahan yang lebih baik yang diusung PKB mengharuskan pergantian pemimpin serta pola kepemimpinan. “Saya pikir 2 periode jabatan sudah cukup. Sudah waktunya berganti”, imbuhnya.

Dibagian lain, ketua KPU Tuban, Soemito Karmani, menghimbau kepada semua partai yang akan mendaftarkan pasangan calon, agar segera mempersiapkan semua persyaratan administratif seperti tercantum dalam undang-undang maupun peraturan KPU.

Menurut Soemito, pihaknya sangat membuka diri terhadap semua pertanyaan maupun konsultasi terkait Pemilukada maupun pendaftaran calon. Sebab, hal tersebut merupakan bagian dari kewajibannya selaku penyelenggara Pemilukada.

“Bila ada hal yang perlu dikonsultasikan, kami siap membantu teman-teman parpol maupun perseorangan. Komunikasi yang baik akan mengeliminir potensi terjadinya miss komunikasi “, katanya. (achonk/as)

About these ads

, , , ,

  1. #1 by Kang Dewo on November 2, 2010 - 12:34 pm

    Gengsi dong Bos….., masak sampean mau gandeng dengan musuh kita sbg orang NU dan konstituen PKB ya… kecewa.

  2. #2 by Nurul Amaliyati, Amd. on November 3, 2010 - 11:23 am

    Tanda-tanda kiamat bagi NU, apabila Calon Bupati dari PKB, PKNU dan PPP yang nota bene konstituennya Ummat Islam faham ahlussunnah wal jama’ah ala Nahdhiyin bergandeng tangan mencalonkan Wakil Bupatinya dari Partai Golkar khususnya Haeny Rela widyastuti bakalan nggak mendapat apa-apa karena secara real dalam praktek kendati dalam pencalonan visi dan misinya bisa sama, belum tentu nantinya dapat seiring sejalan bahkan akan bertolak belakang apalagi modal atau sharing dana untuk memenangkan lebih banyak dari ‘investornya’ Haeny. Ingat harga diri kita dulu sampai sekarang masih sangat sakit Pak….
    Jangan karena ambisi pribadi Pak Noer Nahar Husein… mengorbankan konstituen mayoritas PKB, PKNU dan PPP yang 99,99 % adalah warga NU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: