Gus Choi: Jual Beli Data Suara Dahsyat!

INILAH.COM, Jakarta – Jual beli data perolehan suara pemilu legislatif antarpartai dan caleg diduga ramai terjadi. Hal ini ditengarai PKB juga melibatkan oknum petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Maraknya transaksi dapat dilihat dari lambannya data hasil pemilu ke KPUD. Itu terjadi begitu dahsyat,” kata Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR Effendy Choirie, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Selasa (14/4). 

Caleg PKB yang akrab disapa Gus Choi ini, menyebut di daerah pemilihannya di Jawa Timur, dugaan manipulasi data hasil pemilihan marak terjadi. Hal ini disebutnya karena pengaruh langsung dari transaksi jual beli suara di tingkat PPS dan PPK.

 Untuk satu suara, paparnya, angka transaksi yang sudah berkembang di tingkat PPS dan PPK sebesar Rp15-Rp20. ia mengaku menolak ikut terlibat transaksi jual beli suara, tapi mengetahui maraknya fenomena tersebut. “Pemilu ini terburuk. Paling ruwet,” ujarnya.

 Selain fenomena jual beli data hasil pemilihan, ia juga menyebut terjadi pragmatisme di masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat. Di antaranya, dalam kampanye, tokoh-tokoh masyarakat yang sebenarnya andalan bagi terwujudnya kualitas anggota legislatif, justru bersikap pragmatis.

 “Tidak sedikit yang menyampaikan pertanyaan ‘kalau saya terpilih, mau kasih apa?’ Hal itu juga muncul dalam pertemuan dengan masyarakat,” katanya.

 Pertanyaan dan pemintaan seperti itu, diakui Gus Choi, ditolak secara tegas. “Saya tegaskan tidak akan menjanjikan apa-apa. Kecuali memberi pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara. Mereka diam, tetapi saya tidak tahu apakah diamnya itu marah atau menerima penjelasan saya,” ucapnya. [*/nuz] – Sumber : INILAH.COM

Iklan

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: