Membedah peta perebutan kursi DPRD Tuban (PG Diprediksi Dulang Tiga Kursi Per Dapil )

[ Radar Bojonegoro – Jawa Pos : Rabu, 15 April 2009 ]
Meski hasil penghitungan suara di KPUK Tuban belum final, namun gambaran perolehan kursi masing-masing parpol sudah mulai terlihat. Berikut prediksi parpol maupun caleg dari Dapil I dan II yang bakal melenggang ke DPRD Tuban.

Dapil I yang terdiri atas Kecamatan Tuban, Merakurak, Kerek, dan Montong menyediakan 11 kursi. PKB memperoleh suara signifikan dan diperkirakan meloloskan tiga calegnya. Partai tersebut untuk sementara mengumpulkan sekitar 23.650 suara. Bahkan, salah satu calegnya, Dodik Fachrudin untuk sementara menjadi peraih suara tertinggi dibandingkan caleg-caleg lainnya di Tuban. Ketua DPAC PKB Tuban Kota itu meraih dukungan 7.025 suara. Berikutnya disusul Khozanah Hidayati (sekitar 4.800 suara) dan Narto (sekitar 2.000 suara). ”Insya Allah perolehan suara Dodik yang tertinggi. Di (Kecamatan) Tuban saja mendapat 4.990 suara,” tutur Faisol Rozi, wakil ketua DPC PKB yang juga ayah Dodik.

Partai Golkar juga tak mau kalah. Partai berlambang pohon beringin itu memperoleh dukungan 22.322 suara. Partai tersebut diprediksi bisa meloloskan tiga calegnya. Dan berdasarkan hasil sementara, tiga caleg yang menempati urutan teratas adalah Slamet Alim Pujangga (2.865 suara), Rudi Hariyanto (sekitar 2.200 suara), dan Siti Masfufah (sekitar 1.800 suara). ”Insya Allah bisa tiga kursi,” tutur Slamet ketika dikonfirmasi via ponselnya kemarin.

Sementara PDI Perjuangan kemungkinan hanya mampu meraih satu kursi, karena mengantongi sekitar 13.300 suara. Peraih suara terbanyak di partai berlambang kepala banteng moncong putih itu adalah Sunoto (sekitar 1.500 suara). Dia dibayangi Edy Sutikno yang sementara mengumpulkan sekitar 1.400 suara. ”Mudah-mudahan saja bisa dua. Tapi masih lihat suara partai lainnya,” kata Edy ketika dikonfirmasi kemarin siang.

Partai Demokrat yang meraih sekitar 11.600 juga dipastikan merebut satu kursi dari dapil ini. Partai lain yang berpeluang meloloskan wakilnya melalui sisa suara adalah PPP (sekitar 5.600 suara), PBB (sekitar 5.650 suara), dan Partai Gerindra (sekitar 4.600 suara). Partai Keadilan Sejahtera yang mendulang sekitar 3.900 suara juga berpeluang meloloskan calegnya. Namun, kepastiannya masih menunggu BPP (bilangan pembagi pemilih) didapil tersebut. Artinya, bila BPP tinggi, kemungkinan PKS kebagian kursi karena PG hanya memperoleh 2 kursi.

Sementara di Dapil II (Palang, Widang, dan Plumpang) yang memperebutkan 9 kursi, PG juga berjaya. Wakil sekretaris DPD PG Marwan mengungkapkan, partainya meraih 23.716 suara. Terbesar diperoleh dari Palang yakni 12.418 suara. Pria yang juga ketua DPRD Tuban itu memperkirakan BPP (bilangan pembagi pemilih) di dapil tersebut kisaran 7.760. ”Atau bisa lebih. Tapi kami optimis bisa meraih tiga kursi,” kata politisi asal Karangagung, Palang. Namun, bila BPP-nya naik, ada kemungkinan PG hanya kebagian 2 kursi.

Ketua tim kampanye PG itu menyebutkan, tiga besar peraih suara tertinggi PG adalah Marwan (5.440), Cipto (3.056), dan Endang Bardiati (sekitar 2.400 suara).

Sedangkan Partai Demokrat diprediksi bisa meloloskan dua calegnya. Perolehan suara partai berlambang mercy itu kisaran 14 ribu. Terbanyak dari Kecamatan Plumpang.

Sementara PKB dan PDI-P yang pada pemilu sebelumnya mendulang dua kursi, kali ini dipastikan hanya mampu meraih satu kursi. Sebab, perolehan suaranya dibawah 10 ribu. Caleg PDI-P yang berpeluang lolos adalah Go Tjong Ping. Mantan ketua DPC PDI-P itu meraih dukungan sekitar 2.200 suara. Sedangkan PKB yang meraih suara terbanyak adalah M. Muhyidin. Caleg asal Plumpang itu mengumpulkan sekitar 1.669 suara. Dia bersaing ketat dengan Hadi Kaswanto yang perolehan suaranya terpaut kurang dari 100. ”Sementara memang saya yang tertinggi,” tutur Muhyidin.

Dua kursi tersisa dari dapil ini kemungkinan besar diraih PKNU (sekitar 7.400 suara) dan Partai Gerindra (sekitar 5.100 suara). Sebab, perolehan suara kedua parpol tersebut lebih tinggi dibandingkan beberapa partai lainnya. ”Kami masih lihat perolehan suara partai lain. Tapi saya optimis lolos,” ujar Tri Astutik, caleg Gerindra peraih suara tertinggi di dapil II. Caleg asal Magersari, Plumpang itu mampu mengumpulkan sekitar 2 ribu suara.

Partai Amanat Nasional yang mengumpulkan suara sekitar 4 ribu juga masih berpeluang merebut satu kursi, dengan catatan BPP naik dan PG hanya memperoleh dua kursi. (wid)

Iklan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: