Politik NU Perlu Penguatan Lembaga

KUDUS- Tanpa adanya penguatan lembaga struktural, kekuatan politik Nahdlatul Ulama akan habis. Hal ini terlihat dalam kancah perpolitikan nasional sekarang ini. Pelan-pelan kader NU kehilangan tempat.

Indikasinya, hasil pemilu menunjukkan kekuatan partai politik yang mempunyai ikatan emosional NU tidak mampu memperoleh suara signifikan.
Begitu pula di berbagai daerah yang menjadi kantong-kantong NU, 90 % politisi NU yang menjadi caleg mengalami kegagalan menuju gedung Dewan Perwakilan Rakyat.

Penilaian ini disampaikan Mantan Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kudus HM Asyrofi Masyitho pada acara Tasyakuran Hari Lahir (Harlah) ke-75 GP Ansor yang diselenggarakan PC GP Ansor Kabupaten Kudus di musholla Kantor NU setempat, Jum?at (8/5) malam.

Selain Asyrofi, hadir juga Ketua PCNU Kudus KH Chusnan BA, Wakil Ketua PCNU Kudus Drs H Sanusi MH, Ketua DPC PKB Kudus Wiyono SH, sejumlah aktifis PC dan PAC Ansor se Kabupaten Kudus.

Lebih lanjut Asyrofi mengatakan kebesaran NU belum mampu menunjukkan kekuatan politik yang sebenarnya.

Persoalan ini disebabkan masih lemahnya kader-kader NU yang mudah hanyut dengan iming-iming kepentingan pragmatis.

Apalagi saat kelompok-kelompok lain mulai bangkit, kekuatan NU dan badan otonomnya justru semakin melemah. Sehingga yang terjadi, NU kesulitan menyatukan potensi-potensi kepentingan yang dimilikinya baik di politik maupun lainnya.

?Makanya, saya sepakat yang harus dilakukan mendesak bagi NU dan badan otonomnya sekarang adalah penguatan kelembagaan struktural sehingga potensi maupun kekuatan NU bisa menyatu memperjuangkan kepentingan Nahdlatul Ulama. Dengan begitu, eksistensi organisasi dengan program-programnya juga tidak akan mandeg,? Kata politisi NU ini. (nuo) – (Dikutip dari Duta Masyarakat Online – By Ana Ridwan, 11 Mei 2009)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: