Pansus DPR RI Tinjau KEK Lamongan

Radar Bojonegoro [ Sabtu, 30 Mei 2009 ]

LAMONGAN – Kawasan ekonomi khusus (KEK) di pantura Lamongan ditinjau anggota panitia khusus (pansus) rancangan undang-undang (RUU) KEK DPR RI. Anggota pansus DPR yang beranggotakan 12 orang itu dipimpin Marzuki Achmad dari Fraksi Golkar.

Mereka diterima Bupati Masfuk di Lamongan Integrated Shorebase (LIS) yang berada di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran. Dia didampingi Wabup Tsalits Fahami, Sekkab Fadeli, dan Presiden Direktur PT LIS Untung Suryanto.

Para anggota DPR itu dipandu melihat beberapa fasilitas yang dimiliki LIS sebagai kawasan sentra logistik terpadu dengan konsep one stop service untuk mendukung industri migas. Setelah dari LIS, para wakil rakyat itu selanjutnya meninjau Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR).

Menurut Marzuki Achmad, sebelum ke Lamongan mereka telah bertemu gubernur Jawa Timur di Surabaya. Di Lamongan, dia dan anggota pansus ingin melihat langsung model dan konsep KEK yang sudah dikembangkan. ”Sebelum mengesahkan UU KEK, kami ingin melihat sendiri ke Lamongan yang telah dikembangkan model dan konsep KEK, termasuk mendapat masukan langsung dari lapangan,” ujarnya.

Menurut dia, konsep KEK bertujuan mendorong daya saing industri dan perdagangan di Indonesia. Harapannya, bisa mensejahterakan masyarakat di sekitar kawasan tersebut. Dalam konsepnya, kawasan yang masuk KEK itu dibagi dalam zona-zona khusus seperti zona wisata dan industri.

”Sudah ada 18 provinsi yang ingin membuat KEK, bahkan ada satu provinsi yang ingin membentuk KEK di lebih dari satu kabupaten,” ujar Marzuki.

Sementara itu, Masfuk menjelaskan, jika UU tentang KEK nantinya sudah terbentuk, maka segala syarat yang diamanatkan segera dipenuhi KEK Lamongan. ”Lamongan sudah menyiapkan lahan antara 800-900 hektare untuk KEK. Padahal syarat KEK hanya 500 hektare,” ujarnya. (feb) – (Dikutip oleh Ana Ridwan dari Radar Bojonegoro tanggal 30 Mei 2009)

Iklan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: