Gus Ipul: Parpol Jangan Seret NU ke Politik

Syafullah Yusuf
(inilah.com /Raya Abdullah)INILAH.COM, Gresik – Sebagai ormas terbesar di Indonesia, banyak parpol menyeret Nahdlatul Ulama (NU) ke politik praktis. Namun aksi itu diminta untuk tidak dilakukan kembali.

“Agar para politisi jangan membawa-bawa Nahdatul Ulama (NU) terlibat dalam partai politik. Sedangkan NU sendiri juga jangan berharap meminta-minta kepada parpol,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Syafullah Yusuf di, Gresik, Jawa Timur, Kamis (23/7).

NU, diibaratkan Gus Ipul, begitu ia serip disapa, sebagai tenda besar yang menjadi tumpuan bagi bangsa Indonesia. Sehingga jika NU kebablasan masuk ke politik, maka dianggap mengingkari fitrahnya.

“Jadi kalau NU masuk ke politik, maka menjadi berantakan,” jelas mantan Menneg Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT).

Mengenai PKB, menurut Gus Ipul, harus bisa menjadi kaki tangan NU. Karena, tantangan PKB pada 2014 bagaimana menerapkan pendidikan partai kepada para kadernya. Sehingga diharapkan PKB bisa menjadi wadah penyalur aspirasi bagi kalangan NU.

Sebab, tuturnya selama ini yang berperan untuk menentukan arah kebijakan hingga majunya parpol itu adalah pengurus PKB, fraksi PKB di DPRD, dan para kepala daerah yang diusung dari PKB di tiap kabupaten.

“Ini sudah bisa dibuktikan, berkurangnya suara dalam Pemilu 2009 hanya menduduki peringkat sembilan besar, untuk itu solidnya pengurus di internal PKB sangat diperlukan untuk memperbaiki image yang terlanjur melekat di masyarakat tentang PKB adalah partai konflik,” terangnya.

Meski hampir di setiap kabupaten diterpa konflik internal PKB, namun ia mengaklu, hal itu wajar terjadi di parpol. Tapi menjadi tidak wajar jika terjadi di kalangan NU, karena akan merusak citra NU.

“NU itu sakral, oleh karena itu bila bergeser dari mahkomnya akan terjadi musibah,” ucapnya. [*/jib] (Dikutip dari INILAH.COM tanggal 24 Juli 2009 oleh Khozanah Hidayati).

Iklan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: