Ini lho Calon Ketua PBNU Idola Gus Ipul…

Sabtu, 25 Juli 2009 13:51:25 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) – Siapa saja calon ketua umum Pengurus Besar NU yang cocok di mata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Saifullah Yusuf? Yang penting kembali ke khittah.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah, menyebut sejumlah nama yang pantas menjadi NU 1 menggantikan Hasyim Muzadi. “Ada Pak Said Aqil Siraj, Mustafa Bisri, Ali Maschan Moesa, Pak Masdar (Masdar Farid Mas’udi),” katanya, di sela-sela kunjungannya ke Pondok Pesantren Raudlatul Sholihin, Sabtu (25/7/2009).

Gus Ipul meminta agar ketua umum PBNU mendatang benar-benar berpikir kebangsaan dan menjaga akidah, serta tidak berpikir untuk ikut serta dalam calon-mencalonkan politik praktis. “Perlu ada ada pasal menegaskan ketua umum NU tidak boleh mencalonkan diri, terlibat dukung mendukung calon tertentu, tapi berpolitik kebangsaan,” katanya.

Apakah netralitas ini juga termasuk pengurus badan otonom NU? “Kalau banom kan ngikut saja. Akidah ikut NU, tapi pilihan politik kan sendiri-sendiri. Pilihan kan dibebaskan. Kalau mau menyamakan (antara PBNU dan banom NU) tidak begitu tepat,” kilah pria berkumis yang juga wakil gubernur Jatim ini.

Menurut Ipul, pilihan paling tepat bagi NU adalah kembali ke khittah. Khittah NU dicetuskan tahun 1984, dalam sebuah Muktamar di Situbondo. Khittah NU adalah organisasi sosial keagamaan yang lepas dari partai politik mana pun.

“Semua butuh NU dan pesantren. Tapi kebesaran NU ini jangan diecer-ecer. Kiai tidak masalah (berpolitik praktis). Yang tidak boleh main-main dengan politik adalah ketua NU,” kata Ipul, menegaskan tak ingin NU hanya jadi stempel politik. [wir]
(Dikutip dari beritajatim.com, tanggal 26 Juli 2009 oleh Khozanah Hidayati)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: