Akibat Putusan MA, Ribuan Caleg Terpilih Terancam Dibatalkan

JAKARTA | SURYA Online- Ribuan calon anggota DPRD terpilih terancam dibatalkan akibat putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 16P/HUM/2009 yang diputuskan pada 18 Juni 2009.

Anggota KPU, I Gusti Putu Artha, mengakui, putusan MA ini membawa implikasi politis yang luar biasa. “Intinya, dari semua putusan MA itu, kalau dilaksanakan, komposisi perolehan anggota DPR, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota terbongkar semua. Ada reposisi luar biasa nanti,” kata Putu ketika ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (29/7).

Karena itu, KPU bersikap hati-hati menyikapi putusan MA tersebut. Kendati demikian, Putu mengaku, pihaknya telah menemukan celah hukum dalam menghadapi putusan MA. Namun, seperti apa celah hukum yang dimaksud, Putu enggan membeberkannya secara rinci. “Kami sudah menemukan celah-celah atau satu format. Namun, saya tidak bisa sampaikan celahnya seperti apa,” ujarnya.

Dengan celah hukum ini, KPU berharap dapat menekan implikasi politis yang timbul. Sayangnya, Putu juga tidak merinci keputusan apa yang akan diambil KPU, apakah akan mematuhi putusan MA atau justru memutuskan untuk tidak mengubah perolehan kursi parpol.

Menurutnya, KPU juga akan mulai membedah putusan MA ini dengan biro hukum, Rabu malam. “Kami harapkan agar implikasi politik yang paling rendah akan ditekan. Kami ingin ekstra-hati-hati, bukan mengulur waktu,” ujarnya. ani/kcm (Dikutip dari Surya online, tanggal 29 Juli 2009, oleh Khozanah Hidayati)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: