Putusan MA Bakal Ubah Pemilik Puluhan Kursi DPRD di Riau

Perobahan perolehan kursi parlemen ternyata tak sekedar terjadi di DPR, di tingkap provinsi dan kabupaten/kota juga bakal terjadi. MA telah memutuskan.

Riauterkini-PEKANBARU- Tsunami politi, meminjam istilah Eko Patriot, Caleg PAN yang terancam kehilangan kursi di DPR menyusul keputusan Mahkamah Agung No.15P/HUM/2009, ternyata tak sekedar terjadi di tingkat pusat. Ribuan kursi di DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota juga terancam berganti pemilik. Keputusan MA No.16P/HUM/2009 tanggal 18 Juni 2009 lalu menjadi dasar hukum kontelasi kursi dewan.

Keputusan MA yang pasti akan disabut heboh tersebut berawal dari uji materil yang diajukan M. Rusdi, Caleg DPRD Kabupaten Malang. Permohonan yang mempermasalahkan sistem pembagian kursi tahap dua, khusus pada poin sisa suara. Pemohon menilai yang disebut sisa suara adalah partai yang pada pembagian tahap pertama mendapatkan kursi, sementara bagi partai yang pada tahap kedua, meskipun suaranya banyak, tidak bisa ikut pembagian tahap kedua, karena sebenarnya tidak memiliki sisa suara. Permhonan tersebut dikabulkan MA.

Maka, jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dan KPU kabupaten/kota di provinsi ini melaksanakan keputusan MA tersebut, sudah pasti akan terjadi perobahan cukup signifikan atas perolehan kursi legislatif. Jumlahnya bisa puluhan.

Namun sejauh ini KPU Riau mengaku belum menerima salinan keputuan MA tersebut. “Setahu saya, belum ada kita menerima salinan putusan MA tersebut,“ ujar anggota KPU Riau Tengku Edi Sabli saat berbincang dengan riauterkini, Rabu (29/7/09).

Karena belum menerima salinan putusan MA tersebut, maka KPU Riau menurut Edi Sabli belum bisa menentukan sikap. Selain itu, KPU Riau merasa perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU pusat. “Kita akan koordinasi terlebih dahulu dengan KPU pusat,“ ujarnya.***(mad)

(Dikutip dari Berita Riau, tanggal 29 Juli 2009, oleh Khozanah Hidayati).

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: