Putusan MA Bakal Ubah Pemilik Puluhan Kursi DPRD Tuban

ana 100809Tuban, 29 Juli 2009.

Oleh : Khozanah Hidayati (Calon anggota DPRD Tuban)
Perubahan perolehan kursi parlemen ternyata tak sekedar terjadi di DPR,  di tingkap provinsi dan kabupaten/kota juga bakal terjadi, bahkan di kabupaten Tuban juga bakal terjadi.  MA telah memutuskan.

Gonjang-ganjing politik tidak hanya terjadi di tingkat Nasional akibat keputusan Mahkamah Agung No.15P/HUM/2009, . Ribuan kursi di DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota juga terancam berganti pemilik. Keputusan MA No.16P/HUM/2009 tanggal 18 Juni 2009 lalu menjadi dasar hukum kontelasi kursi dewan.


Keputusan MA yang pasti akan disebut heboh tersebut berawal dari uji materil yang diajukan M. Rusdi, Caleg DPRD Kabupaten Malang. Permohonan yang mempermasalahkan sistem pembagian kursi tahap dua, khusus pada poin sisa suara. Pemohon menilai yang disebut sisa suara adalah partai yang pada pembagian tahap pertama mendapatkan kursi, sementara bagi partai yang pada tahap kedua, meskipun suaranya banyak, tidak bisa ikut pembagian tahap kedua, karena sebenarnya tidak memiliki sisa suara. Permhonan tersebut dikabulkan MA.

Maka, jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dan KPU kabupaten/kota di provinsi ini melaksanakan keputusan MA tersebut, sudah pasti akan terjadi perobahan cukup signifikan atas perolehan kursi legislatif. Jumlahnya bisa puluhan bahkan ratusan.

Bagaimana dengan perubahan di DPRD Tuban? Kalau keputusan MA tersebut diterapkan oleh KPUK Tuban, maka akan terjadi perubahan besar-besaran bagi partai yang berhasil mendudukkan wakilnya di DPRD Tuban. Dan kelihatannya hanya 4 partai politik yang kan bisa mendudukan wakilnya di DPRD Tuban, yaitu Partai Golkar,  PDIP,  PKB  dan Partai Demokrat. Untuk lebih pastinya kita tunggu keputusan KPUK Tuban apakah akan mengikuti keupusan MA No.16P/HUM/2009 tanggal 18 Juni 2009 . (Ditulis oleh Khozanah Hidayati tanggal 29 Juli 2009)

  1. #1 by sarah on Agustus 1, 2009 - 10:01 am

    Sistem pemilu kita kan proposional terbuka,
    tapi kok perhitungan kursi merefer ke sistem
    distrik! Gak salah nih MA

  2. #2 by Hadi Prayitno on Agustus 5, 2009 - 6:59 pm

    lumayan menguntungkan pkb. tapi berkah luar biasa bagi golkar… jadi kapan pelantikannya mbak?? sukses selalu ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: