Jelang Muktamar ke-32 NU di Makassar (3) – Jangan Hapus Jasa Hasyim Muzadi dengan Polemik Pilpres

Jember (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember menolak, jika jasa-jasa Ketua Umum Pengurus Besar NU KH Hasyim Muzadi dihapus, dengan polemik pemilihan presiden dan pemilihan gubernur Jawa Timur. Warga NU harus tetap mengapresiasi jasa dan pencapaian Hasyim dalam Muktamar di Makassar mendatang.

“Pilpres hanya secuil dari persoalan kepentingan NU, pemilihan gubernur juga secuil. Kalau ada yang memunculkan kesan bahwa Kiai Hasyim berpolitik, itu perlu dilihat mungkin yang memunculkan kesan itu punya tendensi tertentu,” kata Sekretaris PCNU Jember yang juga Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah NU Jatim, Misbahussalam, Kamis (30/7/2009).

Misbahussalam menegaskan, pengurus NU di pusat dan wilayah tak pernah menarik NU secara institusional ke politik. Keberpihakan atau endorsement dilakukan secara individual.

Apakah dimunculkannya kesan politisasi NU oleh Hasyim adalah bagian dari menghapus jasa? “Bisa saja ada hal-hal seperti itu,” kata Misbahussalam.

Jasa terbesar Hasyim saat memimpin NU selama dua periode adalah berhasil menginternasionalisasi ajaran ahlussunnah wal jamaah khas NU. Pelaksanaan pertemuan ICIS (International Conference of Islamic Scholars) tiga kali di Indonesia adalah salah satu indikator sukses itu.

“Di Islam ada beberapa mazhab, beberapa firqah. Namun dengan peran NU yang dilakukan Kiai Hasyim melalui tawasud (jalan tengah), NU bisa diterima semua golongan Islam. Bahkan kelompok Islam garis keras bisa menerima pikiran NU,” kata Misbahussalam. [wir/bersambung] (Dikutip dari Beritajatim.com, tanggal 30 Juli 2009, oleh Khozanah Hidayati).

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: