Fraksi di DPRD Tuban Terbentuk, Lamongan Tunggu PAN-PDIP

TUBAN – DPRD Tuban kemarin (3/9) menetapkan tujuh fraksi yang diajukan parpol pemenang pileg lalu. Penetapan fraksi itu dilakukan dalam rapat paripurna di gedung dewan setempat, yang hanya berlangsung sepuluh menit, mulai pukul 09.55 dan berakhir pukul 10.05. ”Sudah selesai to Mas dan tidak tertunda lagi,” kata Ketua DPRD Tuban sementara Marwan usai memimpin rapat paripurna.

Tujuh fraksi itu, Fraksi Partai Golkar Bersatu, hasil koalisi Golkar, Barisan Nasional (Barnas), dan Hanura diketuai Warsito (Golkar); FKB dipimpin Imron Chudlori, dan FPDIP diketuai Karjo. Kemudian, FPD diketuai Elvy Alfiah dan FPPP dipimpin Nurlinah. Sementra Fraksi Gerindra yang juga dihuni anggota dewan dari PKNU dan PKS, diketuai Nurhadi Sunar Endro. Sedangkan PAN dan PBB berkoalisi membentuk Fraksi Amanat Bulan Bintang (FABB) dengan ketua Agung Supriyanto.

”Besok (hari ini, Red), rapat paripurna penetapan pansus tatib,” ujar Marwan.

Di Lamongan, susunan kepengurusan fraksi di DPRD setempat belum lengkap. Akibatnya, rapat paripurna belum bisa digelar. ”Kami masih menunggu teman-teman dari PDIP dan PAN untuk menyerahkan daftar pengurus fraksi secara resmi,” kata Ketua DPRD sementara Makin Abbas kemarin.

Menurut dia, di DPRD Lamongan hampir pasti ada tujuh fraksi. Yakni, FKB, FPDIP, FPAN, FPG, Fraksi Demokrat Keadilan (Demokrat-PKS), FPKNU, dan fraksi gabungan (Patriot, Hanura, dan PPP).

”Kalau semua calon fraksi sudah menyerahkan daftar susunan pengurusnya secara resmi dan tertulis, rapat paripurna dewan untuk menetapkan fraksi-fraksi tersebut akan langsung digelar,” katanya.

Ketua FPAN Mohammad Saikun membenarkan kalau fraksinya belum menyerahkan daftar pengurus fraksi secara resmi. ”Kami masih sedang memroses penentuan sekretaris fraksi,” katanya.

Menurut dia, penentuan nama sekretaris fraksi tersebut diajukan ke DPD PAN untuk disetujui. ”Rapat DPD PAN dijadwalkan digelar minggu depan, sehingga insya Allah, minggu depan kami baru akan menyerahkan daftar kepengurusan FPAN untuk disahkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Lamongan Saim menyatakan, daftar pengurus FPDIP baru diserahkan kemarin. ”Pengurus fraksi sudah lengkap dan hari ini (kemarin, Red) sudah diserahkan untuk disahkan,” ujarnya.

Saim menuturkan, FPDIP diketuai Suharjito. Wakil ketuanya Sugiarsih dan sekretaris Sugeng Santoso. (zak/feb)

(Dikutip dari Jawa Pos, tanggal 4 September 2009, oleh KHozanah Hidayati)

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: