PKB JANJI TAK IKUT JAGOKAN CALON KETUM PB NU

SECARA ORGANISASI MEMANG PKB TIDAK AKAN MENJAGOKAN SESEORANG UNTUK MENJADI KETUM PB NU, NAMUN MENGINGAT SEJARAH KELAHIRAN PKB YANG DIDESIGN SEBAGAI SAYAP POLITIK NU, MAKA POSISI KETUM PB NU MEMILIKI ARTI YANG SANGAT PENTING BAGI PKB, AGAR KIPRAH PKB KE DEPAN DLAM PERCATURAN POLITIK NASIONAL BISA MEMPUNYAI GREGET SEPERTI HASIL PEMILU 1999 LALU. NAMUN APA YANG DIKATAN CAK IMIN DI BAWAH INI KAYAKNYA ” Hanya sekedar Abang2 Lambe” seorang politis.

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berjanji tak mengintervensi Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) mendatang. Ketua Umum (Ketum) DPP PKB Muhaimin Iskandar menegaskan, secara kelembagaan, partainya tak akan terlibat dalam upaya dukung-mendukung kandidat calon Ketum PB NU.

“Posisi kami hanya meramaikan,” ujar Muhaimin sesudah acara lokakarya PKB dan NU Online di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, kemarin (6/9). Menurut dia, biarlah proses muktamar nanti menjadi wewenang sepenuhnya organisasi massa (ormas) Islam terbesar di Indonesia tersebut.

Meski merasa tetap memiliki hubungan kultural maupun historis, Muhaimin menyatakan sangat menghormati independensi NU sebagai ormas keagamaan. Pemilihan figur Ketum PB NU nanti biarlah berjalan secara alami. “Itu kewenangan sepenuhnya muktamirin,” tandas wakil ketua DPR tersebut.

Meski demikian, Muhaimin menambahkan, komitmen tersebut tidak berarti partainya akan melarang sama sekali para fungsionaris maupun elite PKB untuk terlibat dalam muktamar. “Kalau secara pribadi mau mendorong salah satu calon, ya silakan saja,” terang mantan Ketum PB PMII itu.

Muktamar NU baru akan dilaksanakan pada Januari 2010. Namun, saat ini sudah mulai berkembang sejumlah kandidat untuk mengisi posisi Ketum, menggantikan KH Hasyim Muzadi yang sudah pasti tak maju lagi. Di antaranya adalah Ketua PB NU Said Aqiel Siradj, Masdar Farid Mas’udi, Menkominfo M. Nuh, dan KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

Muhaimin mengakui bahwa PKB sangat berkepentingan dalam suksesi kepengurusan di tubuh PB NU tersebut. Sebab, di awal pendirian, PKB memang didesain sebagai sayap NU di kancah politik. “Perubahan sekecil apa pun di PB NU tentu akan berimplikasi ke PKB, tapi tidak lantas membuat kita harus ikut intervensi terlalu jauh,” pungkasnya. (dyn/tof). (Dikutip dari Jawapos, tanggal 9 september 2009).

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: