Empat Fraksi Desak PG Segera Kirim Nama Calon Pimpinan Dewan

TUBAN – Fraksi Kebangkitan Bangsa, FPDIP, FPD dan FPP kemarin (2/9) gerah dengan sikap DPD II Partai Golkar Tuban yang seakan menghambat kinerja wakil rakyat. Sebab, sampai kemarin parapol berlambang beringin ini belum menyerahkan nama calon pimpinan dewan. Padahal hasil koordinasi DPRD setempat batas waktu penyerahan tanggal 29 September lalu.

Sementara untuk tiga parpol lainya, Yakni PKB, PDIP, dan PD sudah menyerahkan nama calon pimpinan DPRD setempat. DPC PDIP merekomendasikan Teguh Prabowo Gunawan, sedangkan DPC PKB merekomendasikan Sa’dun Naim. Sementara PD merekomendasikan Aris Dwi Setiawan.

Ketua fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Tuban Imron Chudlori menyayangkan sikap parpol penyumbang kursi terbanyak di DPRD setempat tahun ini. ”Ini kenapa. Kami mendesak PG segera mengirimkan nama calon. Dan Ketua dewan sementara segera mengirimkan surat ke DPD II PG Tuban untuk segera menyerahakn nama calon. Sebab ini akan memperlambat kinerja lembaga. Lembaga ini tidak bisa dikalahkan dengan parpol. Oleh karena itu pimpinan harus tegas dalam menyikapi hal ini untuk menghomrati lembaga,” tegasnya kemarin. Padahal, kata Imron, sesuai dengan surat edaran (SE) Mendagri nomor 161/1405/sj sudah tertuang agar empat parpol peraih suara terbanyak untuk segera mengirimkan nama calon pimpinan dewan.

Hal sama juga dilontarkan fraksi PDIP DPRD Tuban. ”Kami sangat mendesak agar PG segera mengirim nama calon pimpinan dewan. Sebab ini menyangkut lembaga,” terangnya Karjo, geram. ”Ini kenapa, kok belum,” tambahnya. Padahal, tiga parpol lainya sudah koorperatif menyerahkan nam calon pimpinan ke DPRD setempat.

Senada dikatakan Fraksi Persatuan Pembangunan. ”Fraksi kami juga mendesak PG untuk segera mengirimkan nama calon pimpinan,” tegas ketua FPP Nurlina. Sama halnya dikatakan fraksi partai demokrat. ”Kami juga berharap PG segera mengirim nama calon. Sebab dengan adanya pimpinan definitf, alat kelengkapan lainya juga segera terbentuk,” tegas ketua fraksi PD Tuban Elvy Alfiah.

Terpisah, ketua sementara DPRD Tuban Marwan ketika dikonfirmasi mengaku sampai kemarin juga belum menerima nama calon dari DPD PG II Tuban. ”Tetap kita akan tunggu. Dan sudah kami kirim surat ke DPD II PG Tuban sampai dua kali,” tegasnya. Menurut Marwan, belum dikirimnya nama calon dari DPD II PG Tuban, karena parpol tersebut masih menunggu pengesahan tatib.

Padahal, sesuai dengan UU 27/2009 dan SE mendagri penetapan tatib disahkan oleh ketua definitif?. ”Ya saya terangung pansus tatib. Jika selesai ya akan segera (pembentukan pimpian definitive, red),” terangnya.

Sementara itu, sekretaris DPD II PG Tuban Trisno Udjud ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya berjanji agar segera mengirim nama calon ketika sudah waktunya. Kapan? ”Belum (tahu, red), masih digodok,” akunya. Versi DPD II PG Tuban, kata Trisno Udjud, jika tatib sudah disahkan akan mengirim nama calon pimpinan dewan. Sebab ketika mengacu SE mendagri ditakutkan kekuatan hukumnya kurang kuat dengan datangnya peraturan pemrintah (PP). ”Tahu-tahu jika muncul (nama) sekarang, aturanya berubah lagi. Jadi kami menunggu tatib. Opo sih perlune kesusu (kenapa kok tergesa-gesa). Yang jelas tunggu aja,” tanyanya.

Sekretaris pansus tatib Abu Cholifah mengatakan, bahwa saat ini draf rancangan tatib sudah selesai tingga editing saja. Dan, lanjut dia, dalam tatib pasal 29 sudah jelas diterangkan bahwa pimpinan DPRD dari empat parpol berdasarkan urutan suara terbanyak. Dan masing-masing parpol mengirimkan satu nama calon pimpinan dewan. Selain itu dalam UU susduk 27/2009 pasal 354 juga disebutkan pimpinan dewan dari parpol empat urutan terbanyak. ”Ini kan sudah jelas, kenapa masih tidak juga dikirim,” tanya Abu Cholifah diamini Imron Chudlori. Seharunya, lanjut dia, parpol tersebut agar wellcome. (zak) (Dikutip dari Jawapos, tanggal 3 Oktober 2009)

KOMENTAR:
Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa PG mengulur-ngulur waktu untuk tidak menyampaikan nama calon ketua definitif DPRD Tuban. Pertanyaan tersebut mempunyai kemungkinan beberapa jawaban sbb:
1. PG sengaja membuat lemah tak berdaya legislatif / DPRD Tuban, karena dengan lemahnya DPRD mereka merasa eksekutif akan
bisa dengan leluasa untuk menjalankan roda pemerintahan di daerah. Hal ini tercermin dari sangat memprihatinkannya kinerja DPRD
Tuban periode yang lalu., yang mana minimnya kinerja tersebut ditenggerai karena sangat dominanya pihak eksekutif.
2. PG merasa tidak mempunyai kader yang baik dan bisa dipercayai untuk menjadi “bamber” eksekutif dlam menjalankan roda
pemerintahan. Hal ini karena tampaknya ketua sementara DPRD Tuban yang nyata-nyata dari PG sudah tidak dipercaya lagi atau
tidak di sukai lagi oleh ketua DPD II Golakar Tuban.Sehingga mereka lagi menimbang-nimbang siapakah yang layak untuk diajukan
menjadi calon definitif ketus DPRD.
3. Terjadi perseteruan yang sangat seru di tubuh pimpinan DPD II PG Tuban. Sehingga masing-masing kubu bersikukuh untuk
mencalonkan calonnya masing-masing dan bi dalam DPD II sendiri belum dicapai kata sepakat siapa yang akan didudukkan sebagai
ketua definitif DPRD Tuban.

Terus sampai kapan hal ini berlangsung. Apakah PG Tuban akan tetap bersikukuh untuk mengolor-ngolor waktu dalam penyampaian calon definitif ketua DPRD Tuban? Kalau melihat situasi politik di dalam TG Tuban sendiri, kayaknya hal ini akan masih berjalan sekitar 1 – 2 bulan ke depan, mengingat muswil II PG Tuban baru akan diadakan setalah Munas PG bulan Oktober 2009 ini.
Atau kalau Pemprop Jatim dalam hal ini Gubernur Jatim ikut turun tangan untuk mendesak PG Tuban segera menyerahkan anam definitif yang diusulkan sebagai Ketua Definitif DPRD Tuban (AM)

3.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: