Paripurna Akhirnya Tetapkan Pimpin DPRD Definitif

Wednesday, 16 December 2009 21:53

Tuban, Bhirawa.
Setelah terkatung-katung hampir empat bulan setelah dilantik 24 September 2009.red, kini dewan resmi menjadi definitif. Ini setelah dilakukan pelantikan pimpinan definitif dalam sidang paripurna istimewa DPRD dengan agenda pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Tuban pada masa jabatan 2009-2014 kemarin (16/12) di Gedung DPRD Tuban.
Berdasarkan surat dari Gubernur Jawa Timur dengan Nomer 171.415/181.001/2009 tertanggal 10 Desember 2009, ditetapkan Partai Golkar mendapat jatah Ketua DPRD Tuban (Kristiawan,SP), setelah itu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai wakil ketua (Drs.Sa’dun Naim), dilanjutakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan Teguh Prabowo sebagai wakil ketua dan Partai Demokrat (PD) dengan Ir. Aris Dwi S Setiawan juga sebagai wakil ketua.
Pengucapan sumpah/janji yang berjalan khitmad ini dihadiri seluruh pejabat dilingkup Pemkab Tuban, diantaranya Bupati Haeny Relawati RW, M.Si, Wabub Lilik Soehardjono, Sekda Ir.Hj.Parastuti, Kapolres Tuban AKBP.I Wayan Lastika, Kajari Zainudin Ahmad,SH, Dandim 0811, dan ketua PN Tuban, juga Ketua KPUD dan Panwaskab.
Sebelum acara dimulai, Drs.H.Marwan, SH selaku ketua DPRD Sementara membuka rapat paripurna istimewa. Mantan ketua DPRD ini sempat menyatakan, bahwa kelambatan tersebut dikarenakan menunggu aturan hukum yang berlaku.
”Lambanya penetapan ketua DPRD definitive ini bukan karena apa-apa, akan tetepi semua ini berdasarkan aturan dan undang-undang yang berlaku. Oleh karena itu kita tidak mau nantinya dibelakang hari lembaga ini terjerat oleh hukum akibat tak memiliki dasar yang jelas dalam penetapan unsur pimpinan,” Kata Marwan membuka parat paripurna istimewa tersebut.
Sementara itu, salah satu anggota DPRD Tuban yang juga menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Golkar Tuban, M.Musa, S.Ag saat dikonfirmasi Bhirawa seusai pelantikan, menyatakan bahwa Kristiawan adalah kader muda PG terbaik. Oleh karenanya partai mengusung ia (Kristiawan) untuk mengantikan seniornya (Drs.H.Marwan, SH.red) yang sudah pernah menjabat sebagai ketua DPRD Tuban.
”Yang bersangkutan adalah kader terbaik Golkar. Oleh sebab itu, Partai menyodorkan Mas Kris untuk mengantikan Pak Marwan sebagai ketua DPRD Tuban,” Kata politisi PG asal kecamatan Semanding yang juga menjabat sebagai Ketua kelompok tani nelayan andalan (KTNA) Kabupaten Tuban.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPRD Tuban yang baru dikukuhkan, Kristiawan menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk segera melengkapi alat kelengkapan DPRD, baik itu Panmus, Banmus, Badan Kehormatan, Komisi-komisi agar pembahasan RAPBD Kabupaten Tuban tahun 2010 bisa segera di selesaikan.
”Kita akan bekerja semaksimal mungkin, agar penetapan APBD bisa selesai sebelum akhir tahun 2009, tentunya kita akan melengkapi alat kelengkapan Dewan terlebih dahulu, apalagi waktunya tinggal dua minggu lagi,”Kata Kristiawan saat dikonfirmasi bhirawa seusai pelantikan.
Sikap opotimis ketua DPRD Tuban ini ditanggapi pesimis oleh anggoata DPRD yang lain. Akan tetapi ia berharap rencana pimpinan DPRD tersebut, bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan-nya. ”Sangat sulit kita membahas APBD sampai akhir Desember. Sebaliknya perkiraan saya, RAPBD 2010 baru akan dibahas awal atau pertengan Januari 2010. Ini melihat pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya,”kata H. Syakir dari PKB yang sebelumnya pernah menjabat sebagai anggoata DPRD. [hud](Dikutip dari Harian Bhirawa, tanggal 16 Desember 2009).

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: