Korban CPNSD Kirim Surat Terbuka

TUBAN – Hak angket DPRD Tuban terkait kasus kontroversi pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di Pemkab Tuban tampaknya masih belum juga jalan. Setidaknya, itu yang mengilhami 18 mantan peserta CPNSD yang menjadi korban mengirimkan surat terbuka kepada DPRD Tuban.

Dalam tembusan surat terbuka yang diterima wartawan koran ini kemarin (27/12), mereka berharap dewan mengambil tiga langkah demi terciptanya rasa keadilan di masyarakat. Langkah itu, antara lain, mendesak Pemkab Tuban mengoreksi hasil seleksi yang murni mengacu pada hasil tes yang dikeluarkan Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi Universits Indonesia (LM FE UI).

Konsekuensinya, pengumuman peserta CPNS yang diterima versi Pemkab Tuban dianggap tidak sah. Tuntuan berikutnya, mendesak pemkab menjelaskan hilangnya 200 nama yang muncul dalam perangkingan nilai tes yang dikeluarkan FE UI dalam pengumuman Pemkab Tuban. Sebelum dua langkah tersebut diambil, Pemkab Tuban diminta menangguhkan hasil tes.

Dalam surat terbuka tersebut, CPNS korban kontroversi hasil pengumuman juga mengindikasikan adanya permainan dalam rekrutmen seleksi CPNSD 2009. Indikasi itu terlihat dari tidak sesuainya hasil tes FE UI dengan pengumuman versi pemkab.

Novitasari, salah satu mantan CPNSD korban kontroversi hasil tes yang ikut tanda tangan di surat terbuka mengatakan, kejanggalan pengumuman hasil tes bisa dirasakan dari tertundanya pengumuman. Pengumuman yang diagendakan pada Sabtu (28/12) pagi sesaat setelah hard copy hasil tes diterima dari UI justru diundur hingga sore.

Dari Blora, peserta ujian CPNS yang dinyatakan lolos akan menjalani pemberkasan.

Pemberkasan akan dilakukan selama tiga hari, sampai 31 Desember. Hanya, sebelum menjalani pemberkasan, hari ini para peserta yang lulus tes dikumpulkan di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora. “Kami kumpulkan dulu besok (hari ini, Red) untuk menerima pembekalan,” ujar Pelaksana Parian (Plh) Kepala BKD Noveri kemarin.

Menurut dia, yang menerima pembekalan adalah mereka yang namanya dinyatakan lulus tes berdasarkan pengumuman yang dilakukan pemkab, Rabu (23/2). Pengarahan itu terkait dengan pemberkasan mereka sebagai CPNS.

Semua nama yang dinyatakan lulus, lanjut dia, sudah mendapat pemberitahuan. Karena itu, para peserta yang lulus diminta segera menyiapkan diri dan melengkapi persyaratan yang ditentukan untuk pemberkasan.

Sekretaris BKD itu menambahkan, nama-nama yang muncul dalam pengumuman itu adalah murni peserta yang dinyatakan lulus. Yakni, peserta yang nilainya tertinggi di antara peserta lainnya, sesuai dengan hasil tes yang koreksi dan soalnya dibuat oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Dia menambahkan, Pemkab Blora ikut dalam fasilitasi pemprov pada rekrutmen CPNS tahun ini. Karena itu, wewenang pelulusan atau tidak ada di tangan pemprov. Hanya, dia mengaku, tidak ada kriteria soal IPK atau pengalaman kerja yang disyaratkan pada peserta. Sehingga, setiap peserta yang ikut ujian, sejauh nilainya tertinggi dalam ujian dan disesuaikan dengan jatah formasi yang ada lulus. “Penilaian berdasarkan rangking mulai satu dan seterusnya sesuai jatah formasi,” tandasnya. (ds/ono). (Dikutip dari Radar Bojonegoro tanggal 28 Desember 2009).

Iklan
  1. #1 by nugroho on Desember 30, 2009 - 8:20 am

    tolong wakil rakyat..anda wakil rakyat.. kalo ada rakyat yang mengadu…wakililah untuk mencari keadilan…Aku rasa andai hal itu terjadi pada putra putri anda..anda pun juga tidak akan trima…anda bisa duduk di DPR juga karna rakyat…jadi dalam hal ini saya mohon pakailah hati nurani..bantulah mereka yang telah mengirimkan surat untuk bisa mendapatkan keadilannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: