Warga Tagih Janji DPRD – GEMBBBEL Tolak Perluasan Tambang PT SG

TUBAN – Puluhan warga dari empat desa di Kecamatan Merakurak kemarin (13/1) kembali menggelar aksi unjuk rasa di gedung DPRD Tuban, Jalan Letda Soetjipto. Mereka yang menamakan diri GEMBBBEL (Gerakan Masyarakat Bancang, Becok, Birbin, Tegal Pelem dan Karangrejo Peduli Lingkungan) tersebut menagih janji dewan yang sebelumnya akan mempertemukan warga dengan PT Semen Gresik. “Kami kesini menagih janji. Sebab sebelumnya, dewan mau mempertemukan kami dengan PT SG,” kata Kuncoko, koordinator aksi.

Dia menegaskan, sampai saat ini warga tetap menolak rencana perluasan tambang, karena hal itu merupakan gantungan hidup masyarakat setempat. Selain itu, warga sekitar tambang tidak bisa hidup tenang akibat getaran, suara ledakan, debu dan lalu lalang alat berat yang menyertai aktivitas tambang.

Di halaman depan gedung dewan, secara bergantian mereka berorasi dengan lantang. Sesekali mereka membentangkan sejumlah poster dan menerikkan yel-yel pembelaan terhadap rakyat. Beberapa saat kemudian, sekitar 12 perwakilan warga ditemui pimpinan DPRD dan anggota DPRD. Yakni, Kristiawan (ketua), Sa’dun Naim (wakil ketua), serta M. Musa, dan Suwarto (FPG Bersatu), juga Sunoto (FPDIP), di ruang gabungan.

Kristiawan menyatakan, pihaknya tetap akan berusaha mempertemukan perwakilan warga dengan PT Semen Gresik. “Namun, itu jika alat kelengkapan dewan sudah terbentuk. Kami harap secepatnya,” janjinya lagi. (zak) (Dikutip dari Radar Bojonegoro tanggal 14 Januari 2010).

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: