Ketua DPRD Dituding Lamban

TUBAN – Usulan Hak angket CPNSD Tuban yang sudah diajukan beberapa waktu lalu nampaknya belum direspon oleh ketua DPRD setempat, Kristiawan. Hal ini membuat sebagian inisiator hak angket geram. Mereda menuding ketua dewan tidak ada niatan untuk memercepat masalah ini selesai.

Usulan hak angket disampikan ke pimpinan DPRD pada 11 Januari lalu. Hasil penggalangan hak angket ada 28 wakil rakyat yang menandatangani. Mereka berasal dari enam fraksi dari tujuh fraksi yang ada digedung dewan. Yakni, FKB, FPDIP, FPD, FPP, F Gerindra, dan FABB.

Dari jumlah itu, sesuai dengan tatib DPRD sudah memenuhi syarat yang ada. Yakni, lebih dari 7 anggota dewan dan lebih dari satu fraksi. Setelah berkas itu disampaikan, ketua DPRD Kristiawan menyatakan berkas tidak lengkap. Namun, politisi PG itu tidak menyebutkan secara detail ketidaklengkapan berkas hak angket tersebut.

Sunoto, salah satu inisiator hak angket mengatakan, dirinya menilai ketua dewan tidak ada niatan untuk segera menangani masalah hak angket. ”Buktinya sampai sekarang belum juga ada kesimpulan,” ungkap sekretaris FPDIP DPRD Tuban itu.

Hal inilah yang membuat para inisiator mulai tidak percaya dengan pimpinan. ”Saya nggak yakin ketua dewan akan segera menangani,” tuturnya.

Meski dengan alasan alat kelengkapan dewan belum terbentuk. Lantas, lanjut politisi asal Kerek itu, mestinya pihak terkait seperti Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan bupati segera tanggap menangani hal ini biar tidak berlarut-larut. Oleh karena itu, pihaknya mendesak agar pimpinan dewan segera memberikan kesimpulan terkait hak angket tersebut.

Dikatakan Sunoto, dirinya juga mendukung aksi sebagian masyarakat yang telah mendatangi DPR RI, sehingga akan terdengar langsung oleh pusat. Dirinya berharap agar DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bumi Ronggolawe terkait permasalahan CPNSD.

Hal senada dikatakan Fahmi Fikroni, inisiator hak angket lainnya. Menurut politis muda asal Jenu itu, jika ketua dewan menyatakan berkas hak angket ada kekurangan, mestinya segera menyampaikan hal itu kepada para inisiator. ”Sehingga, bisa kami perbaiki. Kalau tidak segera diserahkan, ini otomatis sangat menghambat,” tegas dia.

Sebab, lanjut dia, hak angket ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang telah menjadi korban rekrutmen CPNSD. Pihaknya mengakui akan tetap memerjuangkan aspirasi masyarakat terkait kontroversi CPNSD 2009.

Terpisah, ketua DPRD Tuban Kristawan mengatakan, meski dirinya telah menganggap berkas hak angket CPNSD kurang lengkap, namun sampai saat ini pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait hak angket CPNSD. ”Karena alat kelengkapan belum terbentuk,” jawab dia.

Sebab, kata politisi asal Bangilan itu, dalam hak angket itu nanti akan dibahas melalui badan musyawarah (banmus) yang dilanjutkan dalam paripurna. Sehingga, ketika belum ada banmus, maka belum bisa dilakukan. Sebelumnya, Kristiawan menyatakan, dirinya tidak ada niatan untuk menghambat hak angket itu. Dirinya tetap mendukung usulan itu selagi sesuai dengan mekanisme yang ada.

Sementara itu, gerakan menggugat BKD Tuban melalui facebook terus bertambah. Kalau Selasa (26/1) sampai pukul 17.36 mencapai 1.224, kemarin (27/1) sampai pukul 17.32 sudah mencapai 1.267, atau bertambah 43 anggota. Hal ini membuktikan, dorongan masyarakat terhadap pemerintah di Tuban agar transparan dalam rekrutmen CPNSD cukup tinggi. (zak) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, tanggal 28 Januari 2010).

Iklan

,

  1. #1 by mobil88 on Januari 28, 2010 - 12:25 pm

    Tulisan Anda hari ini begitu luar biasa dan inspiratif. Tetaplah menulis…!!
    http://mobil88.wordpress.com

  2. #2 by cheat your way thindiet on Juni 6, 2013 - 6:44 pm

    My relatives all the time say that I am killing my time here
    at web, except I know I am getting experience every day by reading thes nice articles or reviews.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: