Pemprov Jatim Beri Bantuan Korban Banjir

TUBAN – Pemprov Jatim menaruh perhatian terhadap banjir di wilayah Kecamatan Palang, Semanding, dan Tuban. Menurut Wagub Jatim Saifullah Yusuf, penyebab utama banjir itu karena penggundulan hutan ada di hulu. Hal tersebut mengakibatkan air mengalir deras dari hulu menuju tiga kecamatan itu.

Sehingga, tangkis sungai di Desa Pucangan dan Desa Dawung jebol dan berdampak warga Desa Dawung, Cendoro, Gesikharjo, Glodog, dan Palang, Kecamatan Palang kebanjiran. ”Oleh karena itu, ini segera ditangani,” ujar dia.

Bagaimana penanganannya? Wagub yang kerap disapa Gus Ipul itu belum bisa menjelaskan. Dia masih akan berkoordinasi pihak pemkab setempat. Gus Ipul hanya menyatakan pemprov bakal menyiapkan dana untuk program agar banjir tak datang lagi. ”Dananya dibagi. Jika pemkab nggak mampu, ya pemprov,” ujarnya saat inpeksi mendadak (sidak) banjir di Kecamatan Palang kemarin (30/1).

Gus Ipul menuturkan, penyebab gundulnya hutan itu dikarenakan banyaknya pembalakan liar. ”Pembalakan harus ditertibkan dengan dibantu masyarakat,” imbuhnya.

Gus Ipul didampingi Kepala Bakorwil II Bojonegoro Setiadjit dan Wabup Lilik Soehardjono tiba di Palang sekitar pukul 12.00. Mereka menyambangi satu per satu rumah warga yang terendam banjir. Pejabat itu pun mengecek keadaan rumah sekaligus menampung keluhan-keluhan masyarakat yang ada di Desa Palang. Rombongan juga sempat melihat kondisi tangkis sungai di Desa Pucangan.

Menurut Gus Ipul, selain memberikan bantuan dana, pemprov juga mengirimkan sejumlah makanan dan obat-obatan bagi kebutuhan warga setempat.

Sementara itu, hingga kemarin sekitar seribu rumah warga Desa Palang dan Glodog masih terendam banjir. Ratusan hektare sawah terancam panen karena banjir tersebut.

Satlak Penanggulangan Bencana Alam Tuban membangun tenda posko bencana di Desa Palang. Posko di tepi jalan itu dimanfaatkan warga untuk mengamankan barang-barang berharga. ”Kami belum bisa menaksir kerugian, sebab masih dalam pengitungan,” ujar Gus Ipul.

Dukung Proses Hukum Kasus Pungli Jembatan Timbang

Pemprov Jatim tak tinggal diam menyikapi adanya kasus pungutan liar (pungli) jembatan timbang seperti di Desa Minohorejo, Kecamatan Widang. Gus Ipul menyatakan pemprov meminta penegakan hukum kasus tersebut terus berjalan. ”Kita tertibkan itu (pegawai yang terlibat kasus jembatan timbang, Red),” kata Gus Ipul saat ditanya kasus tersebut di sela-sela sidak banjir di Kecamatan Palang.

Menurut dia, sejumlah staf jembatan timbang di Jatim telah diganti. Namun, Gus Ipul tidak menyebutkan identitas dan berapa jumlah staf serta daerah mana saja yang dirotasi. ”Banyak yang sudah dirotasi. Ini untuk penyegaran. Tidak hanya di Tuban, namun di seluruh Jatim,” katanya.

Bagaimana dengan pimpinan jembatan timbang yang ada di Tuban? ”Ya jika nanti sudah waktunya, ya dirotasi juga,” jawabnya.

Gus Ipul menilai, timbulnya pungli di jembatan timbang tersebut bukan karena sistem yang rusak. Namun, disebabkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti diberitakan, praktik pungli jembatan timbang di Desa Minohorejo, Kecamatan Widang Sabtu (13/1) lalu digerebek Unit II Satreskrim Polres Tuban. Polisi yang menyaru sebagai kernet dan penumpang truk berhasil menangkap tangan petugas di jembatan timbang ini saat menerima suap dari awak truk yang kelebihan muatan.

Sebagai barang bukti, polisi mengamankan uang jutaan rupiah yang diduga hasil suap. Hasil pemeriksaan polisi, ada enam petugas jembatan timbang yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah DHP, 50, warga Jalan Merpati Kelurahan Banjarmendalan, Lamongan; IR, 44, asal Jalan Ahmad Yani Kelurahan Menanggal, Kecamatan Gayungan, Surabaya; ND, 56, asal Desa Kletek Empat, Kecamatan Taman, Sidoarjo; YL, 55, warga Jalan MH Tamrin Gang Rukun Bojonegoro; AH, 43, warga Jalan Bogangin, Gayungsari, Kedurus Surabaya; dan MS, 55, warga Jalan KH Marzuki Kelurahan Pangeran, Bangkalan. (zak) (Dikutip dari Radar Bojonegoro tanggal 31 Januari 2010)

Iklan

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: