Ormas Nasional Demokrat (ND), Apakah Akan Jadi Partai Barisan Sakit Hati ?

Rencana deklarasi organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bernama Nasional Demokrat (ND) benar-benar diasiapkan oleh para deklataornya hari ini (1/2/2010) di Jakarta. Deretan tokoh nasional terlihat mendominasi sebagai deklarator. Diantaranya adalah Surya Paloh, Sultan Hamengku Buwono X, Anies Baswedan, Syafii Maarif, Khofifah Indarparawansa, Siswono Yudohusodo, Ferry Mursyidan Baldan, Syamsul Mua’rif, dan Enggar Tyasto Lukito.

Menurut para deklaratornya bahwa ormas ini murni sebagai wadah gerakan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk mengimbangi gerakan politik dari partai. Tujuan utamanya untuk membangun komitmen bersama untuk berkontribusi sebesar-besarnya menciptakan kesejahteraan rakyat. Dan ini perwujudan kebebasan berserikat dan di luar gerakan politik. Gerakan politik itu perlu perimbangan, maka dibentuklah organisasi masa ini.

Namun sebenarnya patut dicurigai, bahwa ormas ini pada saatnya nanti akan menjadi partai politik untuk maju pada pemilu 2014. Hal itu bisa kita cermati dari latar belakang and track record para pentolan deklaratornya. Hambir 75% para deklaratornya merupakan barisan sakit hati yang terlempar dari elit partai politik – partai politik yang sudah mapan sekarang ini, utamanya partai Golkar, PAN dan PKB.

Kalaupun ormas ini nantinya menjadi sebuah partai, apakah mereka akan menajdi partai yang modern dan kuat mengakar sampai di tingkat kader? Menurut hemat penulis hal itu sangatlah sulit terjadi, mengingat belum ada alat yang mampu menyatukan cita-cita mereka secara benar-benar kohesif. Jadi kalaupun menjadi partai politik menjadi kenyataan, partai ini akan seperti partai-partai kecil lainnya, yang mana tidak akan lolos parliament threshold. Kalau sampai tidak lolos ke parlemen akhirnya partai ini tinggal akan menajdi papan nama.

Semoga saja prediksi penulis tersebut tidak terjadi dan ormas ini benar-benar seperti cita-cita para deklaratornya utnuk menjadi organisasi masa yang mampu mengimbangi partai-partai politik yang ada dan demi kemajuan bangsa (AM, 1 Feb. 2010).

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: