SBY Lebay?

Curahat presiden SBY soal dirinya disamakan dengan kerbau dalam demo 28 Januari lalu, dinilai oleh para pengamat terlalu reaksioner dalam menghadapi kritikan yang diarahkan kepadanya. Cara komunikasi seperti ini kontraproduktif bagi seorang presiden.

“Secara komunikasi politik ini kurang baik. Seorang presiden yang terlalu banyak curhat sesuatu yang tidak substantif menjadi kontraproduktif karena masyarakat bisa menganggap SBY lebay (berlebihan-red),” ujar pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi. (Sumber detik.com tanggal 3 Pebruari 2010).

Akhir-khair ini kita sebagai rakyat memang sering mendengarkan keluh kesah presiden perihal kritik yang diterimanya, seperti soal ancaman pembunuhan dirinya pada kasus terorisme, soal kekhawatiran demo hari antikorupsi 9 Desember 2009, dan terakhir pada demo 28 Januari 2010.

Soal ancaman pembunuhan pada kasus terorisme, kita diperlihatkan barang bukti berupa foto presiden yang dijadikan latihan sasaran tembak oleh para pelaku. Kemudian yang terakhir soal demo 28 Januari lalu yang mengasosiasikannya dengan seekor kerbau.

Mestinya kalau disikapi secara arif bahwa demo tanggal 28 Januari tersebut tidaklah mengasosiasikan seorang presiden secara fisik dengan kerbau, namun itu hanyalah asosiasi secara substantif dari pada kebijakan-kebijakan yang telah diambil atau ayng akan diambil, misalnya terkesan lamban dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Untuk itu kita sebgai rakyat hanya berharap, agar SBY tidak terlalu sering curhat soal kritikan yang dialamatkan kepadanya. Ambillah kritikan sebagai cambuk untuk perubahan menuju yang lebih baik. Dan janganlah terlalu sering mengeluhkan sebuah kritikan (apalagi didepan umum), agar nantinya tidak ada cap sebagai orang yang lebay (AM, Pebruari 2010).

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: