SK Pimpinan Komisi Bermasalah, Tiga Wakil Ketua Dewan Tak Diberitahu

TUBAN – Meski ketua DPRD Tuban Kristiawan telah menandatangani SK pimpinan komisi, namun tindakan itu nampaknya tak akan berjalan mulus. Sebab, tiga wakil ketua DPRD ternyata tidak diberitahu sama sekali tentang penandatanganan SK tersebut.

Itu membuat tiga wakil ketua dewan, Sa’dun Naim (FKB), Go Tjong Ping (FPDIP), dan Aris Dwi S Setiawan (FPD) meradang. ”Saya belum diberitahu tentang penandatanganan SK komisi itu. Dan sebelumnya tidak pernah diajak berunding,” ujar wakil ketua DPRD dari FPDIP, Go Tjong Ping.

Dia tidak menyebutkan alasan tidak adanya koordinasi tentang SK komisi itu. Tjong Ping mengatakan, sejak pembentukan pimpinan komisi pada 18 Januari lalu, dirinya sudah memprotes. Sebab, saat paripurna pembentukan pimpinan komisi tersebut belum lengkap karena FPDIP dan FKB belum menyetorkan nama. Itu dilakukan karena tidak sesuai dengan kesepakatan. Dalam kesepakatan sebelumnya, kata Tjong Ping, jika ada yang belum menyetorkan, ketua dewan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pimpinan dewan lainnya untuk mengambil langkah selanjutnya. ”Itu yang tidak dilakukan. Kok malah melanjutkan paripurna. Mestinya paripurna ditunda dulu seperti paripurna sebelumnya, ketika FPD belum menyetorkan kan juga ditunda. Tapi kenapa ketika FPDIP dan FKB belum menyetorkan tidak ditunda? Karena itu saya tetap protes,” tegas mantan ketua DPC PDIP itu.

Menurut Tjong Ping, semestinya ketua DPRD Kristiawan harus menjalankan semua yang telah menjadi kesepakatan bersama. Dan, juga berjalan sesuai tatib. ”Jika itu tidak dilakukan, maka selanjutnya tidak akan berjalan lancar,” kata dia.

Hal senada disampaikan wakil ketua DPRD dari FKB, Sa’dun Naim. ”Oleh karena itu, nanti saya akan pertanyakan ke ketua dewan,” tuturnya.

Terpisah, wakil ketua dewan dari FPD, Aris Dwi Setiawan juga mengakui belum ada koordinasi apapun terkait SK pimpinan komisi tersebut. Semestinya, kata dia, dalam mengambil langkah itu, ketua dewan harus koordinasi dengan pimpinan lainnya. ”Makanya nanti akan saya tanyakan kepada ketua (ketua DPRD Kristiawan, Red). Kalau memaksakan seperti itu, paling tidak koordinasi dengan pimpinan lainnya,” tutur politisi asal Jatirogo itu.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Kristiawan menyatakan telah menandatangani SK pimpinan komisi yang telah dibentuk. SK tersebut kini masih diteliti dan rencananya pekan depan akan disampaikan kepada masing-masing pimpinan komisi.

Sampai berita ini ditulis, Kristiawan belum bisa dikonfirmasi terkait keluhan tiga wakilnya tersebut. Ketika dihubungi via ponselnya terdengar nada sambung, namun tidak diangkat. (zak) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, 13 Feb 2010)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: