F Gerindra Cabut Keanggotaan Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tuban, Kristiawan SP MM menyatakan bahwa apa yang telah ditetapkan didalam sidang paripurna DPRD tidak bisa di anulir dan ditarik kembali.
Baik itu terkait dengan pembentukan alat kelengkapan dewan atau komposisi anggota dari masing-masing fraksi yang telah mengirimkan nama-nama angotanya dalam komposisi tersebut.
Pernyataan ini terkait dengan penarikan Fraksi Gerindra atas nama-nama anggota yang sudah terlanjur diserahkan pada sekretariat DPRD setempat. F Gerindra di DPRD kabupaten Tuban yang merupakan gabuangan dari tiga Partai diantaranya Partai Gerindra (4 Anggota), Partai Kebangkiatan Nasional Ulama’ (PKNU) sebanyak 2 Anggota dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 3 Anggota.
Seperti yang disampaikan ketua Fraksi Gerindra, Drs Nurhadi Sunar Eko, langkah yang ia lakukan tersebut dikarenakan, setelah keluarnya surat keputusan DPRD atas alat kelengkapan dewan Nomer 1 dan Nomer 2 tahun 2010 yang berisi tentang penetapan komisi-komisi dan penetapan Badan Musyawarah (Banmus) juga Badan penganggaran (Banggar) yang dilaksanakan pada 8 Januari dan 18 Januari 2010, yang tidak pernah melibatkan anggotanya untuk membahas hal tersebut.
“Kalau mereka mengerti atuaran dan menghormati kita, tentunya kita di ikutsertakan dalam pembahasan itu, apalagi kita sudah mengirimkan nama-nama dari angota fraksi dari kita, oleh karena itu kami menarik kembali nama-nama anggota kami yang ada di komisi, Banggar, Banmus dan BK,” kata Nurhadi Sunar Eko saat dikonfirmasi Bhirawa.
Fraksi Gerindra juga menyatakan, produk-produk hukum yang telah ditetapkan oleh DPRD adalah produk yang cacat hukum dan tidak sah. “Beginilah kalau orang yang berkuasa mutlak, mengetahui aturan tapi Nyamin (pura-pura tidak mengerti.red), dan kami dari Fraksi Gerindra tidak mengakui keputusan tersebut karena menurut kami adalah cacat hokum,” tambah Nurhadi.
Sementara Ketua DPRD Tuban saat dikonfirmasi menyatakan bahwa keputusan DPRD yang di Paripurna-kan itu tidak bisa anulir kembali. Sedangkan terkait dengan penarikan nama-nama angoata F Gerindra yang masuk dalm komposisi sejumlah alat kelengkapan dewan, menurut politisi muda dari Parati Golkar ini adalah hak dari F Gerindra.
“Ini kan sudah diparipurnakan dan sudah menjadi keputusan, ini bukan salah atau benar, tapi keputusan dalam paripurna itu mengikat dan syah karena sudah sesuai dengan atuaran yang ada,” kata Kristiawan.
Ketua DPRD Tuban ini juga menyatakan, kalau untuk merubah keputusan dalam paripurna harus melalui paripurna lagi, dan prosesnya mulai dari tahapan-tahanpan yang telah ada, yakni rapat pimpinan, Rapat pimpinan dan Ketua Fraksi, penjadwalan dan baru Paripurna.

Tanpa Tiga Wakil Ketua
Sementara rapat badan musyawarah (Banmus) yang kemarin (16/2.red) sempat tertunda dikarenakan ada aksi pendudukan sejumlah anggota DPRD yang lain, akhirnya kemarin (17/2) berjalan dengan lancar, yang hanya melibatkan sejumlah anggota banmus dari kubu mereka (FPG, FAB dan FPP.red) dengan hasil besok (Hari ini.red) akan diadakan rapat paripurna pembebacaan nota keuangan oleh eksekutif.
Dari sumeber disekretariat DPRD Tuban, rapat Banmus tersebut dilaksanakan tidak kurang dari 10 menit yang di hadiri oleh Kristiawan Ketua DPRD, Agung Supriyanto (FAB), Nur Lina (FPP), Mukhlis, H Suwarto, Yeni dan Karmani (FPG Bersatu), sementara tiga wakil ketua DPRD, diantaranya Drs H Sa’dun Naim, Teguh Prabowo, dan Ir Aris S Setyawan tidak ikut dalam rapat tersebut.
“Hasilnya, besok ditetepkan untuk melakukan Sidang Paripurna dengan agenda pembacaan nota keuangan oleh eksekutif mas,” kata Kristiawan saat dikonfirmasi Bhirawa via phonselnya. [hud] (Dikutip dari Harian Bhirawa, tanggal 18 Feb. 2010).

Iklan

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: