GP Ansor Tuban Ancam Industri Penghasil Polusi

Tuban (beritakota.net) – Gerah dengan industri pengahsil polusi di Tuban membuat geram Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tuban, Muhammad Mahsun mengatakan PC GP Ansor tidak akan segan mengusir industri nakal yang tidak peduli lingkungan. Pasalnya keberadaan industri itu menyebabkan lingkungan di sekitar menjadi rusak dan membuat warga sakit-sakitan misalnya sesak nafas, dan kulit menjadi gatal gatal katrena pencemaran lingkungan.
“Tuban sekarang masuk daerah paling rawan bencana, terutama banjir dan longsor. Ini karena lingkungan telah dirusak pelaku-pelaku industri nakal,” ujar Muhammad Mahsun dalam PC GP Ansor Tuban ke email redaksi beritakota.net, Selasa (9/3).
Menurut Mahsun yang juga pengurus harian di PW GP Ansor Jatim ini kegiatan industri di Tuban saat ini sudah tidak bisa ditoleransi karena sudah terbukti para pelakunya tidak memiliki komitmen terhadap lingkungan. Industri pertambangan, misalnya, banyak yang meninggalkan kewajiban reklamasi lahan pasca tambangnya.
Selain itu lanjut Mahsun masih banyak pula kegiatan industri yang tidak memiliki sistem pengolahan limbah yang baik sehingga menimbulkan pencemaran.
“Pabrik TPPI, JOB Pertamina-Petrochina, dan banyak lagi industri di Tuban yang memproduksi limbah berbahaya, tapi tidak disertai sistem pengelolaan yang baik,” lanjutnya.
Dia menunjukkan bukti, banyak warga yang mengeluh akibat perubahan suhu, merebaknya penyakit dan sebagainya, yang menurut Mahsun sebagai akibat dari buruknya lingkungan yang sebagian besar disebabkan oleh para pelaku industri yang tidak peduli pada lingkungan.
Mahsun menilai, sikap protes masyarakat terhadap para pelaku industri yang marak akhir-akhir ini merupakan hal yang wajar. Dia tegaskan masyarakat berhak menuntut konpensasi dari para pelaku industri.
“Silahkan industri mengambil untung sebesar-besarnya, tapi masyarakat tidak boleh terus dirugikan,” tegasnya. kh

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: