AktiAktivis Tuban Desak Satpol PP Dibubarkan

Tuban (beritajatim.com)- Bentrok antara anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan warga di Tanjung Priok, Jakarta Utara kemarin, memicu perhatian khusus di daerah. Bahkan, di Kabupaten Tuban desakan untuk pembubaran Satpol PP dilontarkan puluhan aktivis di Tuban.

Mereka menggelar aksi yang intinya mengutuk sikap represif yang dilakukan petugas penegak perda itu. Menurut para aktivis tersebut, tindakan Satpol PP terhadap warga di Priok, Jakarta Utara sudah di luar batas. Mereka seakan benar-benar menjadi musuh masyarakat.

Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, Kamis (15/4/2010) menyebutkan, jika aktivis yang tergabung dalam Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) tersebut menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Tuban.

“Para Satpol PP tersebut sangat arogan dan kami sangat mengutuknya,” kata peserta aksi sambil berteriak lantang. Bahkan, tak tanggung-tanggung para aktivis meminta dibubarkannya Satpol PP. Agar masyarakat selalu tidak disusahkan oleh keberadaan mereka yang semakin beringas. “Pasalnya, keberadaan Satpol PP di nilai tidak melindungi masyarakat, tetapi malah memusuhi rakyat,” tegasnya.

Salah seorang korlap aksi, Untung, menjelaskan, terjadinya bentrok antara Satpol PP dengan warga Koja Jakarta Utara kemarin menunjukkan bahwa sikap Satpol PP bukanlah sebagai aparat keamanan. “Namun itu menjadi bukti, bahwa Satpol PP sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk menggusur dan menguasai tanah rakyat dengan paksa,” lanjutnya.

Untuk meluapkan protes, para aktivis tersebut membakar poster yang dipakai unjuk rasa dan menginjak-injaknya. Hal itu merupakan protes atas sikap arogan Satpol PP di Priok. “Kami tidak habis pikir, bagaimana para pegawai negeri dan honorer tersebut menjadi momok bari masyarakat kecil,” sambungnya. Walaupun berjalan cukup damai, peserta aksi mendapat pengawalan cukup ketat dari aparat kepolisian. Selain itu, beberapa petugas Satpol PP juga berjaga-jaga di depan kantor Pemkab Tuban. [air/dul]

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: