Gemmbbel Kembali Demo Tolak Perluasan PT SG

Tuban, Bhirawa
Meski berungkali melakukan aksi demo dan mengalami jalan buntu, aksi penolakan perluasan tambang dari PT Smen Gresik (Persero), Tbk (PT SG) yang dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Bancang Becok Brigin, Tegal Pelem, Karangrejo Peduli Lingkungan (Gemmbbel) kembali melakukan aksi turun jalan di sejumlah instansi pemerintah di Kabupaten Tuban.
Dalam catatan Bhirawa, aksi Gemmbbel yang ke-7 kalinya ini berbeda dari aksi-aksi sebelumnya. Kali ini hampir separuh peserta aksi adalah berjenis kelamin perempuan muda dan ibu-ibu rumah tangga. Sementara dalam aksi-aksi sebelumnya sasaran utama adalah para wakil rakyat sebagai tempat untuk mengadu, akan tetapi dalam aksi kali ini para peserta ini langsung menuju kantor Bupati di Jl. Kartini Tuban.
Rombongan aksi Gemmbbel yang dikawal ketat oleh aparat kopolisian dari Polres Tuban ini diterima oleh Drs H Sutrisno (Asisten Bupati.red), karena kembali tidak ada titik temu dan para perwakilan dari Gemmbbel ini tetap bersikukuh untuk bisa ketemu langsung dengan pembuat kebijakan yakni Bupati Tuban, Dra Hj. Haeny Relawati RW MSi.
“Kami heran, kita sudah berulangkali kirim surat dan ingin bertemu secara langsung dengan ibu bupati, tapi juga bupati tidak pernah menemui kita, ini pasti ada apa-apa dan sangat tidak masuk diakal,” kata Kuncoko Kordinator Aksi dalam orasinya setelah bertemu dengan Asisten Bupati.
Setelah beberapa saat berorasi di kantor bupati yang megah itu, rombongan aksi langsung meluncur di kantor KPH Perhutani Tuban sebagai pemilik lahan yang akan ditambang oleh PT SG yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Pemkab.
Dalam pertemuan dengan pihak perhutani hampir terjadi bakuhamtam dan adumulut antara karyawan Perhutani dengan peserta aksi yang akhirnya memelih untuk keluar ruangan dan meneruskan aksi ke Kantor DPRD setempat.
Sementara setelah sampai di kantor DPRD dengan tetep dalam pengawalan ketat dari aparat kepolisian, sebanyak 10 orang perwakilan dari Gemmbbel di terima oleh sejumlah anggoata dewan yang barusan masuk kantor setelah kunjungan beberapa hari dari Bali untuk stadi banding tentang wisata.
Ke-sepuluh perwakilan dari Gemmbbel ini diterima oleh Karjo, Sunoto dari FPDIP dan Saiful Huda dari PKNU dan Ali As’adi dari Demokrat. Para perwakilan pendomo ini kembali mempertanyakan kinerja dari DPRD sebagai wakil rakyat yang dinilai tidak membantu dan mengupayakan keluh kesah rakyat-nya. Bahkan perwakilan dari Gemmbbel ini juga mempertanyakan kehadiran para wakil rakyat ini ke PT SG, selain selalu berganti orang saat menemui mereka.
“Keberadaan kita ini adalah sebagai wakil rakyat, kalau masyarakat ingin kita fasilitasi bertemu dengan pihak yang terkait dengan perluasan PT SG, tentunya hal tersebut akan kita agendakan dan dirapatkan dalam badan musyawarah dulu, dan insyaallah bulan depan itu kita agendakan” Kata Sunto anggota DPRD Tuban yang menemui pendemo.
Sementara dalam tuntutan di selebaran yang dibagikan para pengguna jalan dan wartawan, menyatakan jika Saifuddin Zuhri Kadiv Pengelolaan social Dan Lingkungan Korporasi PT SG dilarang masuk di wilayah Desa Tegalrejo, Kapu, Tahulu, Tuwiri Wetan dan Tuwiri Kulon, semuanya di Kecamatan Merakurak karena dianggap sebagai ‘biang’ dari rencana penambangan.
Dikonfirmasi terpisah, Saifudin Zuhri terkait hal tesebut hanya tersenyum dan tetep mendoakan masyarakat sekitar agar dibuka hatinya dan diberi pentunjuk oleh Allah.
“Saya harus gimana, dari dulu juga seperti itu, kita ajak bertemu juga tidak mau, kalau menfasilitasi bertemu dengan Bupati bukan kewenangan kami…” kata Mantan Kadiv Humas PT SG. [hud]
(Dikutip dari Harian Bhirawa, tanggal 20 Mei 2010).

Iklan

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: