Setoran Awal BPIH Naik

LAMONGAN – Setoran awal Biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) reguler mulai tahun ini dinaikkan sebesar Rp 5 juta. Yakni dari Rp 20 juta menjadi Rp 25 juta. Data tersebut diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Lamongan, Saifullah Anshory. ”Kenaikan itu berlaku mulai 3 Mei lalu,” katanya kepada Radar Bojonegoro, kemarin.

Menurut dia, selain BPIH reguler, untuk setoran awal BPIH khusus juga naik menjadi Rp USD 4.000, dari sebelumnya sebesar Rp USD 3.000.

Saiful mengungkapkan, seiring dengan kenaikan setoran awal BPIH tersebut, pelayanan ibadah haji tahun ini juga akan ditingkatkan. Antara lain terlihat dari jarak pemondokan jamaah haji Indonesia dengan Masjidil Haram di Makkah yang tahun lalu terjauh hingga 7 km, untuk tahun ini hanya 4 km. ”Bahkan pemondokan jamaah di ring satu yang jaraknya 0-2 km mencapai 60 persen, sedangkan tahun lalu hanya 28 persen,” ungkapnya.

Menurut Saiful, untuk mengantisipasi waiting list yang terlalu lama, pemerintah juga sedang memproses tambahan kuota haji dari 207.000 menjadi 211.000. ”Ahlhamdulillah, pemerintah Arab Saudi telah menyetujui, bahkan pemerintah kita sedang mengajukan tambahan kuota lagi menjadi 235.000,” ungkapnya.

Terkait pendaftaran calon jamaah haji, ungkap Saiful, mulai tahun ini diberlakukan sistem online siskohat di kantor kementerian agama kabupaten/kota. Sebab selama ini terkesan masyarakat menganggap tempat pendaftaran haji di bank penerima setoran BPIH. ”Sistem baru itu membuat database calon jamaah haji terpusat di siskohat pusat di Jakarta sehingga meminimalisir kecurangan terjadinya penggantian jamaah,” terangnya.

Saiful menambahkan, para calon jamaah haji (CJH) Lamongan diminta tidak mudah percaya dengan seseorang yang mengaku sebagai petugas haji kantor kementerian agama Lamongan yang datang ke rumah dan meminta sumbangan berupa apa pun dan tidak jelas sasarannya. ”Apabila ada yang menemukan praktik seperti itu, segera laporkan kepada pihak berwajib karena banyak CJH yang melaporkan hal seperti itu di kantor kami,” ungkapnya.(feb) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, tanggal 27 Mei 2010).

Iklan

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: