Gedung Sekolah Disegel Warga, Siswa SD di Tuban Terlantar

Tuban – Gedung SDN 02 Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban disegel pemilik tanah, kerena tanah yang dipakai sekolah itu sejak tahun 1976 tak dibayar. Akibatnya, siswa kelas 1 hingga kelas 4 terlantar tak bisa masuk kelas, Selasa (1/6/2010).

Pemilik tanah, Suryanto, warga desa setempat hingga kini juga masih membayar PBB setiap tahun. Padahal di atas tanahnya sudah berdiri gedung sekolah tersebut.

Akibat perlakuan yang tidak adil tersebut, pagi itu Suryanto dan sejumlah saudaranya mendatangi SDN 02 Bektiharjo. Mereka langsung menutup pintu pagar masuk sekolah itu dengan kayu. Kayu itu juga ditulisi “Maaf Disegel Pemilik Tanah”.

Tak hanya itu, pintu ruang kelas mulai kelas 1 sampai kelas 4 juga dia tutup. Sekaligus dipasangi pula dengan tulisan senada. Lokasi kelas itu menempati lahan seluas 1.052 m2, warisan orangtuanya.

“Saya sudah jengkel, sebenarnya tak mau melakukan ini. Tapi pemerintah sepertinya tak menggubris permintaan kami,” tegas Suryanto, saat ditemui wartawan usai melakukan penyegelan dio SDN 02 Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, Selasa (1/6/2010).

Akibat aksi pemilik tanah itu, sebanyak 156 siswa keals 1 hingga kelas 4 terlantar. Mereka hanya bisa duduk-duduk dan memandangi ulah pemilik tanah terhadap sekolahnya.

Pihak sekolah langsung mengambil inisiatif, kegiatan belajar mengajar siswa di halaman sekolah dan sebagian lainnya di teras sekolah.

Kepala SDN o2 Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Bambang Mardiyanto, menyatakan, masalah tanah tersebut telah diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan. Pihak sekolah hanya menempati dan melakukan kegiatan belajar mengajar saja.

“Untuk penyelesaian masalah ini, kami serahkan ke Pemkab Tuban saja. Kami hanya melakukan kegiatan belajar mengajar saja,” kata Bambang Mardiyanto, saat ditemui wartawan.

Dia katakan, untuk kegiatan belajar mengajar siswa kelas 1 sampai kelas 4, akan digilir masuk siang dan sore. Mereka akan menggunakan ruang kelas 5 dan kelas 6, secara bergiliran. (bdh/bdh)
(Dikutip dari detiksurabaya, tanggal 1 Juni 2010).

Iklan

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: