Islah PKB Tuntas Akhir 2010

Cirbon (GP Ansor Online): Komite Islah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menargetkan akhir 2010 proses islah tuntas. Karena itu, saat ini komite telah menyosialisasikan ke warga Nahdlatul Ulama (NU).

“Upaya islah akan terus kita lakukan. Kami optimistis akhir tahun 2010 ini islah secara struktur dapat diwujudkan PKB. Hal ini penting untuk menghadapi Pemilu 2014 mendatang.Kalau tidak dilakukan secepatnya, bakal keteteran,” kata Sekjen DPP PKB Ancol Lukman Edy saat deklarasi di Ponpes Ashobirin Plumbon,Cirebon,kemarin. Hadir dalam pertemuan itu Wakil Ketua Dewan Syura PKB Ancol Lily Chadijah Wahid, Ketua PKB Parung Ikhsan Abdullah, pengurus PKB dan PKNU Kabupaten Cirebon, serta sejumlah kiai NU. Lukman Edy menambahkan,para deklarator PKB telah memberikan dukungan agar partai yang berbasis NU bersatu.Karena itu,mereka mendukung sepenuhnya terhadap langkah-langkah islah yang dibidani elite PKB maupun PKNU.

Deklarasi sebelumnya juga telah dilakukan di Jawa Timur. Sejumlah kiai pendiri PKB saat itu hadir, di antaranya KH Idris Marzuki, KH Muchit Muzadi,KH Zainuddin Jazuli,dan KH Miftachul Ahyar. Ketua Dewan Syura PKB Cirebon KH Lukmanul Hakim berharap, islah PKB diniatkan untuk kepentingan bersama, terutama menyelamatkan aspirasi politik NU. ”Meski tujuannya baik, islah tidak bisa tercapai begitu saja karena persoalannya tidak sederhana,apalagi jika urusannya sudah menyangkut harga diri dan gengsi,”ujarnya. Ketua Dewan Syura PKNU Kabupaten Cirebon KH Bahrudin Yusuf menambahkan, islah merupakan jalan yang baik untuk menyelamatkan politik NU namun tentunya harus dilandasi kejujuran.

”Jangan sekadar akal-akalan yang nantinya justru menyakitkan,”katanya. Meski hasil pertemuan memberikan sejumlah catatan,para peserta pada intinya sangat mendukung terjadinya rekonsiliasi tersebut demi menyelamatkan aspirasi politik NU tersebut.”Kami senang jika islah tersebut bisa terwujud,” kata Ketua PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani. Namun gagasan islah tersebut belum mendapat respon positif dai Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Menurut dia, semestinya islah dibahas secara internal partai terlebih dahulu.Dia menambahkan akan berkoordinasi dengan PBNU untuk membahas masalah tersebut.

Dikutip dari : website GP-Anshor, 21 Juni 2010

Iklan

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: