Kompleks Kantor Pemkab Tuban Terbakar – Kerugian Ditaksir Sekitar Rp 800 Juta

Tuban (beritajatim.com) – Hingga kini, penyidik dari Polres Tuban masih terus menyelidiki kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan barang milik Kantor Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Politik (Kesbanglinmaspol).

Gedung yang berada satu kompleks dengan Kantor Bupati Tuban, Haeny Relawati Rini Widyastuti itu berada di paling belakang sebelah timur. Hampir semua isi dari gedung dua lantai tersebut ludes terbakar dan diperkirakan kerugiannya sekitar Rp 800 juta lebih. Itu termasuk kerugian isi dan juga bangunan yang terbakar.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, Senin (12/7/2010) menyebutkan, jika kebakaran yang bermula dari sudut sebelah timur ruang penyimpanan tersebut memang cukup riskan terbakar. Sebab, di tempat tersebut ditumpuk banyak tenda penanganan bencana.

Sejauh ini pihak Kesbanglinmaspol baru mendata, jika diantara barang yang terbakar adalah 6 perahu karet jenis besar dan kecil, mesin motor tempel untuk perahu karet yang jumlahnya 7, belasan tenda darurat, serta barang-barang yang lain. “Kami hanya bisa menyelamatkan beberapa barang saja, semisal 1 perahu karet dan 4 tenda saja. Selebihnya hangus terbakar,” jelas Kasi Linmas, Kesbanglinmaspol Pemkab Tuban, Syafiuddin, disela-sela melihat kondisi kebakaran.

Ditanya mengenai total kerugian akibat kebakaran tersebut ? Ia belum bisa memastikannya. Tetapi jika melihat barang-barang yang terbakar, ia memperkirakan jika sampai ratusan juta kerugiannya. “Untuk perahu karet yang kecil saja kemungkinan harganya Rp 80 juta lebih, sehingga jika ditotal lebih banyak,” sambungnya.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Tuban AKBP Nyoman Lastika yang memimpin langsung pengamanan dan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP).

Menurutnya, pihaknya belum bisa berandai-andai berapa jumlah total kerugian akibat kebakaran tersebut. Yang jelas, petugas masih total melakukan penelitian di lapangan. “Kami masih menyelidiki mas, ditunggu saja hasilnya. Yang jelas, cukup besar kemungkinan kerugiannya,” lanjutnya.

Sementara itu, petugas dari Satreskrim Polres Tuban yang dipimpin Iptu Budi Santoso tak ingin ketinggalan. Beberapa petugas dikerahkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran dan api muncul dari mana. [mut/dul/kun]
(dikutip dari Beritajatim.com, 12 Juli 2010).

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: