Kompleks Pemkab Tuban Terbakar

Tuban (beritajatim.com) – Masyarakat Kota Tuban, sekitar pukul 09.15 WIB pagi tadi digegerkan dengan terbakarnya Kantor Pemkab Tuban. Tepatnya di gudang penyimpanan alat-alat penanganan bencana kompleks kantor pemkab di Jl Kartini Kota Tuban, Senin (12/7/2010).

Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan menyebutkan, jika kejadian pertama kali diketahui oleh Darkun, salah satu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban.

Saat itu dirinya tidak jauh dari lokasi gedung yang terbakar. Ia terkejut saat melihat ada kepulan asap dari pojok Kantor Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Politik (Kesbanglinmaspol).

Seketika ia langsung berteriak meminta tolong kepada beberapa temannya dan juga beberapa pegawai. Selanjutnya, mereka bersama-sama mengecek ke lokasi, dan saat itu api sudah mulai membesar.

Dengan dua tabung alat pemadam kebakaran yang ada di lokasi tersebut, Kasi Linmas Syafiuddin bersama anggotanya dan juga staff Pemkab Tuban lainnya berusaha memadamkan api yang terus berkobar.

Tetapi, usaha tersebut sia-sia, karena api tetap menyala cukup besar dan mulai menghabiskan sebagain isi bangunan. Mulai kebingunan, akhirnya mereka menghubungi pemadam kebakaran (PMK) yang memang lokasinya cukuk jauh dari kantor yang terbakar.

Tak lama kemudian, api semakin tak terkendali dan bantuan 2 unit mobil PMK dari Semen Gresik (SG) mulai datang dan juga 2 unit milik Pemkan Tuban. Akibat kebakaran tersebut, 6 perahu karet untuk penanganan bencana alam ludes terbakar, dan hanya satu perahu karet yang bisa diselamatkan dari amukan api. “Kami saat itu memang bingung, sehingga apa saja yang bisa diselamatkan langsung kami keluarkan dari gedung tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, kebakaran yang terjadi di kompleks Kantor Pemkab Tuban tersebut membuat warga sempat geger. Sebab, puluhan bahkan ratusan warga sedang berdatangan ziarah ke Makam Sunan Bonang, yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. Mereka berbondong-bondong mendekat ke depan lokasi kebakaran, namun sudah dihadang oleh aparat kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban.

Sementara itu api yang menyala akhirnya bisa dipadamkan sekitar 30 menit lebih, setelah 4 PMK ke lokasi. Belum diketahui sampai saat ini penyebab kabakaran yang membuat kerugian cukup besar itu. “Belum ditekahui mas, semuanya masih diselidiki oleh petugas,” kata Kapolres Tuban, AKBP Nyoman Lastika, disela-sela ikut memimpin langsung proses penyidikan di lapangan. [mut/kun] (Dikutip dari beritajatim.com, tanggal 12 Juli 2010).

Iklan

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: