Mulai Politisi, Birokrat, Akademisi, Ormas Hingga Kontraktor Siap Maju

Melihat Kasak-Kusuk Jelang Pemilukada Tuban

kabupaten Tuban, Bhirawa
Menjelang Pemilukada di kabupaten Tuban pada awal tahun 2011, sejumlah kalangan mulai mulai ‘kasak-kusuk’ membahas figur-figur yang akan berebut kursi Bupati Tuban dalam kontestasi Pemilukada Tuban 2011 mendatang.

Beberapa calon yang ingin menggantikan kepemimpinan Bupati Haeny Relawati RW, M.Si yang sudah dua periode memimpin Tuban sudah mulai melakukan upaya untuk menarik simpatik publik. Untuk menarik simpati masyarakat, mereka memberikan santunan pada dzuafa’, anak yatim, bahkan samapai memberikan bantuan pada masyarakat yang tertimpa musibah bencana.
Banyak pula upaya ‘tebar pesona’ yang dilakukan agar nantinya mendapat dukungan dari masyarakat misalnya mengumpulkan para tokoh masyarakat (Tomas), pensiunan Guru, eks.Kepala Desa yang ditempatkan pada tempat-tempat tertentu, bahkan ada juga yang mengukur popularitas dirinya melalui sejumlah survey secara sembunyi-sembunyi.
Hingga saat ini dari pantauan Bhirawa, nama-nama Bacabup yang sudah mulai ramai dibicarakan masyarakat Tuban diantaranya, Setiadjid yang saat ini masih aktis menjabat sebagai Kepala Bakorwil II Bojonegoro, dr.Bambang Lukmantono, SH,MM (Mantan Caleg DPR-RI dari PDIP dan Direktur LSM Wahana Aspirasi Rakyat/WAR), dr.Pratikto (Tokoh PD Muhamadiyah dan pernah menjadi pengurus DPD Golkar Tuban), dr.Bambang Hariyanto (Mantan Direktur RSUD Tuban). Selanjutnya adalah Go Tjong Ping (Mantan Cawabun dan saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Tuban), Subiyatno (Kontraktor dari Kecamatan Widang), Setyo Budi (Pengusaha dari Kalimantan), H.Fathul Huda (Ketua PC NU Tuban), Jarwoto (Mantan akademisi), selian anggota DPRD Propinsi Jawa Timur dari PDIP, yakni Ali Mudji, bahkan politisi muda dari partai Golkar yang saat ini mejabat sebagai ketua DPRD Tuban (Kristiawan.red) juga mulai banyak diperbincangkan.
Seluruh nama-nama di atas yang saat ini mulai diperbincangkan oleh masyarakat Tuban, akan tetapi hingga saat ini, mereka ini belum pasti dari partai mana mereka akan diberangkatkan. Sementara Bambang Lukmantono, Jarwoto Dan Subiatno konon kabarnya akan berangkat dari jalur independent, seperti yang dilakukan Subiatno, saat ini mulai melakukan pengalangan dengan mengumpulkan dukungan berupa pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP).
“Saya tidak tahu siap pak Subiatno, ketika dimintai dukungan dan kita dimintai foto Copy KTP ya..saya kasih, lha wong ada ganti transport untuk foto copy-nya,” kata salah satu warga di Wilayah Kecamatan Widang yang meminta namanya tidak ditulis.
Sementara saat dikonfirmasi, Rudianto Sekretaris Umum DPD Partai Golkar Kabupaten Tuban saat dikonfimasi tidak membantah kalau masyarakat sudah mulai membicarakan keberadaan kristiawan yang kabarnya akan bergandengan dengan Haeny Relawati RW, M.Si.
“Secara internal kita belum memutuskan siapa kader Golkar yang akan ikut meramaikan Pemilukada uban 2011,” kata Rudi yang juga anggota DPRD Tuban saat dikonfirmasi Bhirawa via phonselnya.
Sementara, Kristiawan saat dikonfirmasi membenarkan, kalau ia akhir-akhir ini banyak mendapat pertanyaan dari masyarakat terkait dengan keseriusanya mencalonkan bupati Tuban.
“Banyak telpon dan SMS yang menanyakan itu mas, pada prinsipnya saya siap kalau itu menjadi keputusan partai, karena di internal kami ada mekanisme tersendiri untuk hal itu,” jelas Kristiawan saat dikonfirmasi Bhirawa di kantor DPRD Tuban (21/6).
Di sisi lain, kelompok yang selama ini menjadi oposisi pemerintahan Haeny, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) juga kabarnya akan mencalonkan sendiri-sendiri. Seperti PDIP telah memunculkan nama Ali Mudji, adik kandung mantan Sekda Tuban Soekarman yang juga Anggota DPRD Propinsi Jatim dari dapil Tuban. Begitu juga PKB, yang hingga saat ini masih melakukan koordinasi internal dengan pengurus PCNU Tuban, kabarnya sudah mulai memunculkan nama-nama tokoh dikalangan nahdliyin yang layak untuk merebut kursi bupati tuban mengantikan Bupati Haeny.
“PCNU dengan kita akan melakukan pertemuan lagi, kalau beberapa nama yang muncul di internal PKB diantaranya, H. Fathul Huda, Ana Muawanah, dan H.Faisol,. Engak tau hasil rapat dengan NU nanti bagaimana,” kata Miyadi Sekretaris DPC PKB Tuban saat dikonfirmasi. [hud] (Dikutip dari website harian bhirawa, juni 2010).

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: