PKB Dukung Konfederasi Partai

VIVAnews – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menyatakan, partainya menyambut baik gagasan konfederasi partai (gabungan beberapa partai tanpa menghilangkan identitas partai masing-masing) yang dilontarkan oleh PAN.

“Ide yang dimotori PAN sangat positif,” kata Muhaimin. “PKB mendukung langkah teman-teman PAN.”

Muhaimin yang ditemui saat menghadiri acara khitanan massal dalam rangka Harlah PKB ke-12 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 14 Juli 2010, menyatakan bentuk konkret dari konfederasi partai masih dikaji PKB.

“Isu ini menarik dan masih kami kaji. Yang jelas, konfederasi membuka ruang bagi partai menengah dan kecil untuk tetap eksis,” kata Sekretaris Fraksi PKB Hanif Dakhiri dalam acara yang sama.

Hanif mengakui, sistem konfederasi yang relatif baru itu menyimpan komplikasi tersendiri. “Ada yang bilang sistem konfederasi tidak maksimal,” ujarnya.

Bagaimanapun, PKB tidak mau terburu-buru dalam menindaklanjuti soal konfederasi tersebut, meskipun melihatnya bermanfaat bagi keberlangsungan partai menengah-kecil.

Sebelumnya, fungsionaris PDIP Ganjar Pranowo menilai, merger partai (penggabungan beberapa partai yang berimbas pada terbentuknya identitas partai baru) lebih konkret daripada konfederasi partai. Konstitusi tidak mengenal istilah konfederasi partai.

“Undang-undang Dasar kita menyebutkan, peserta pemilu adalah partai politik, bukan gabungan partai politik (konfederasi),” kata Ganjar pada kesempatan terpisah.

Jadi, simpulnya, daripada membentuk konfederasi partai yang modelnya rumit dan belum jelas, model merger dianggapnya paling tepat.

Ganjar pun mengaku, PDIP sebenarnya sudah mendapat tawaran dari satu atau dua partai kecil yang tertarik untuk melakukan merger dengan partai banteng tersebut. “Tapi PDIP masih konsentrasi ke internal partai, dan mereka juga masih melakukan shopping list (mendata partai-partai mana yang paling cocok untuk diajak bergabung),” ujar Ganjar. (dikutip dari vivanews.com, 14 Juli 2010)

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: