Galakkan Kawin dan Khitan Masal

SURABAYA – Dewan Pengurus Wilayah Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (DPW PPKB) Jatim menyuarakan pengarusutamaan gender. Tingginya angka trafficking dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) memantik keprihatinan pengurus badan otonom Partai Kebangkitan Bangsa periode 2010-2015 yang baru dilantik.

Kehadiran Muhaimin Iskandar, menteri tenaga kerja dan transmigrasi yang juga ketua umum DPP PKB, diharapkan bisa menjadi solusi. ”Kasus trafficking dan KDRT di Jatim terbilang tinggi,” ungkap Ketua PPKB Jatim Anisah Syakur di Graha Wisata Remaja, Jalan Dukuh Kupang, Surabaya kemarin (17/7).

Anggota DPRD Jatim itu menjelaskan, selama 2010 hingga Juni lalu DPRD Jatim mencatat 89 kasus KDRT dan 45 kasus trafficking. Sebagai provinsi pengirim tenaga kerja terbesar, hal itu menjadi faktor utama penyebab terjadinya dua kasus tersebut. Anisah mendesak aktualisasi regulasi dan pengawasan pemerintah pusat sampai ke bawah.

Muhaimin dalam orasi politiknya bertekad memperbaiki kinerja kementeriannya. Hal itu merupakan jawaban atas kekhawatiran PPKB Jatim. Selain itu, dia turut mengingatkan banom (badan otonom, Red) tersebut agar menggalakkan tradisi khitanan maupun kawin masal untuk menciptakan keharmonisan dalam keluarga. ”Tradisi itu merupakan bentuk peguyuban kolektivitas yang harus dipertahankan,” ujar menteri asal Jombang itu.

Selain pelantikan pengurus baru, PPKB Jatim juga mengadakan musyawarah kerja wilayah (muskerwil). Agenda tersebut dihadiri 38 dewan pengurus cabang dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Sejumlah rekomendasi, antara lain, memunculkan calon kepala daerah perempuan dalam pemilihan kepala daerah. ”Karena pemilih mayoritas perempuan, harus ada keterwakilan demi demokrasi,” ujar Anisah. (sep/c12/oni) (Dikutip dari Jawa Pos tanggal 18 Juli 2010).

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: