Gembbbel Ngotot Tolak Perluasan Tambang SG

TUBAN – Hearing yang digelar Komisi A DPRD Tuban dengan pihak-pihak yang terkait perluasan lahan tambang Semen Gresik kemarin (19/7) belum menemui titik temu.

Hearing tersebut menghadirkan perwakilan dari SG, Perhutani, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertambangan dan Energi, serta perwakilan warga yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Bancang, Becok, Birbin, Tegal Pelem dan Karangrejo Peduli Lingkungan (Gembbbel).

Dalam hearing tersebut, Gembbbel tetap bersikukuh menolak perluasan lahan tambang PT SG tersebut. ”Kami tetap menolak,” tegas Kuncoko, coordinator Gembbbel.

Padahal, Komisi A dan pihak SG sudah memberikan solusi dengan adanya CSR (Corporate Social Responsibility) atau pemberdayaan masyarakat. Perwakilan SG, Wahyu Darmawan mengungkapkan, empat desa yang menjadi lokasi perluasan lahan tambang yakni Desa Kapu, Tegalrejo, Tuwiri Wetan, dan Tuwiri Kulon sudah mendapatkan CSR layaknya desa yang dinyatakan ring I. ”Itu sudah berjalan sekitar 3 bulan yang lalu,” tuturnya.

Karena belum ada titik temu, ketua Komisi A Agung Supriyanto kemudian menutup hearing tersebut. Meski demikian, Komisi A tetap akan membahas hal ini untuk mencari jalan keluar yang terbaik. ”Kami masih akan membahas masalah ini di internal dulu dengan lintas komisi, agar ada solusinya,” ujar anggota Komisi A, Fahmi Fikroni.

Sebelum digelar hearing, Gembbbel menggelar aksi di gedung DPRD Tuban. Mereka meneriakkan yel-yel menolak perluasan PT SG. (zak/wid) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, 20 Juli 2010).

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: