Bakal Calon Independen Bermunculan

TUBAN – Pasangan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) dari jalur independen mulai bermunculan menjelang Pilkada Tuban 2011. Sekarang ini, setidaknya ada empat pasangan calon dari jalur nonpartai yang memproklamasikan diri siap bertarung dalam pesta demokrasi perebutkan kursi bupati dan wakil bupati Tuban tersebut.

Dari empat pasangan tersebut, dua di antaranya sudah berpasangan tetap. Yakni, pasangan Bambang Lukmantono-Masduki (Bama) dan Djarwoto Tjondronegoro-Edy Toyibi (Djaret). Pasangan Bama pekan lalu mendeklarasikan diri siap maju pilkada tahun depan. Djarwoto yang dikonfirmasi kemarin menyatakan, pencalonannya akan dideklarasi setelah lebaran. ”Saya terpanggil untuk merubah Tuban lebih baik,” kata dia.

Sementara itu, dua calon independen lain yang belum menentukan pasangannya adalah Pratikto dan Chamim Amir. Pratito yang dihubungi terpisah mengatakan, dirinya memang berencana untuk berangkat dari jalur independen. Namun, tidak tertutup kemungkinan dirinya akan bergandengan dengan partai. ”Untuk pasangannya belum. Ini untuk menjaga segala kemungkinan,” kata pria yang juga dokter ini.

Sementara itu, sejumlah pengurus parpol besar yang dihubungi kemarin menyatakan belum siap menentukan nama yang diusung untuk pilkada tahun depan. Abu Cholifah, ketua Tim 5 DPC PDIP Tuban yang bertugas menjaring bacabup-bacawabup, mengatakan, sekarang ini tim yang dipimpinnya baru menjaring nama bacabup dan bacawabup dari partainya. Menurut dia, calon yang diusung tidak harus kader partainya. Juga bisa dari luar partainya yang memiliki visi sama.

”Nama-nama inilah yang akan kita sodorkan dalam rapat DPC untuk dipilih,” kata dia.

Nama yang dipilih dalam rapat cabang tersebut, lanjut sekretaris DPC PDIP Tuban ini, akan diserahkan kepada DPP melalui DPD DPIP Jatim untuk mendapat rekomendasi.

Hal yang sama disampaikan kubu Partai Golkar (PG). Wakil Ketua DPD PG Tuban, Djoko Purnomo mengatakan, partainya sampai sekarang belum menggelar rapat pleno untuk memutuskan calon. Menurut dia, rapat pleno tersebut dihelat setelah musyawarah desa (musdes) yang berakhir 8 Agustus nanti.

Sementara itu, DPC PKB Tuban juga menghadapi masalah pelik. Partai yang kelahirannya dibidani Nahdlatul Ulama (NU) ini sudah melamar Ketua PCNU Tuban KH Fatchul Huda. Namun, Huda sampai sekarang belum memberikan jawaban. Karena belum ada kepastian dari Huda, sejumlah kandidat yang berpeluang diusung dari PKB nasibnya menggantung. Dua di antaranya yang masuk dalam percaturan adalah M. Anwar dan M. Hamdani, keduanya pengurus PCNU Tuban.

Bagaimana dengan pencalonan Setiajid, Bakorwil Bojonegoro yang rajin turun ke Tuban? Dihubungi melalui ponselnya kemarin, dia memastikan dirinya akan dicalonkan dari gabungan partai. Hanya partai apa saja yang akan mengusung, dia enggan membeberkan.

Ditanya nama bacawabup yang akan bersanding dengan dirinya, Setiajid menyatakan bahwa dirinya sekarang ini masih meminta masukan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama. Menurut dia, wakilnya bisa laki-laki atau perempuan. Yang pasti, dia harus memiliki visi yang sama dengan dirinya untuk mengabdi kepada Tuban.

Pria lain yang berkali-kali turba, namun belum pasti parpol yang mengusung dirinya menjadi bacabup adalah Setyobudi. Selain pergi ke desa-desa, pengusaha asal Merakurak ini juga sudah memasang poster di beberapa daerah. (ds/yan) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, 27 Juli 2010).

, , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by irchamni on Agustus 2, 2010 - 1:46 pm

    terlalu banyak janji janji yang di kumandangkan itu membuktikan ketidak mampuan akan seorang cabup nantinya menjadi seorang bupati.mohon diperhatikan

  2. #2 by indra on Agustus 21, 2010 - 11:49 am

    mulai tebar janji dan sosialisasi diri
    bagi saya klo g bisa menepati janji2 mending g usah mencalonkan diri ngisin2i

    sebagai kaum muda saya rindu pemimpin yang berani membuat kebijakan yang demokratis dan yang paling penting berpihak pada orang banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: