Balon Independen Terancam Ditolak – Jika Dukungan Tak Merata di 11 Kecamatan

TUBAN – Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Peraturan KPU No 13 Tahun 2010 atas perubahan Peraturan KPU No 68 Tahun 2009 diterima KPUK Tuban. Kini penyelenggara pilkada ini mempunyai acuan untuk membuat agenda dan aturan tahapan Pilkada Tuban 2011.

Ketua KPUK Tuban Soemito Karmani, mengatakan, saat ini, pihaknya masih membahas untuk menetapkan agenda tersebut. Sebab, direncanakan September nanti, akan dimulai tahapan pilkada. “Sampai saat ini masih diproses, jadi jadwal tahapan pilkada belum ditetapkan. Nanti kalau sudah ditetapkan kami informasikan,” ujarnya.

Soemito Karmani mengungkapkan, sesuai peraturan itu, bakal calon (balon) independen harus mempunyai dukungan tiga persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Tuban bila ingin maju dalam pilkada. Dukungan harus mencapai 50 persen lebih di semua kecamatan. Sehingga, dukungan itu minimal berada di 11 kecamatan di Tuban. Sebab jumlah kecamatan di Tuban ada 20. “Jika tidak mencapai itu, tidak bisa,” ungkapnya. Dukungan independen itu, lanjut dia, juga harus disertai dengan salinan kartu tanda pendukung (KTP) yang masih berlaku.

Sedangkan bagi calon yang diusung parpol parlemen, kata Soemito, minimal mempunyai dukungan 15 persen dari jumlah anggota di parlemen. “Kalau sekarang di parlemen ada 50 anggota dewan, maka minimal dukungan harus 8 anggota parlemen,” ujarnya. Sebab, sesuai aturan, angka di belakang koma dibulatkan ke atas.

Mengacu aturan tersebut, hanya satu parpol di parlemen yang bisa mengusung calon tanpa koalisi, yakni Partai Golkar. Sebab, partai penguasa ini mempunyai 13 kursi di DPRD Tuban. Sedangkan PKB (6 kursi), PDIP (6), Partai Demokrat (5), Partai Gerindra (4), PPP (4), PKS (3), PKNU (2), PAN (3), PBB (1), Partai Hanura (1), dan Partai Barnas (1), tak bisa mengusung calon jika tidak berkoalisi. Sebab, jumlah anggota dewan dari parpol-parpol tersebut di parlemen tak mencapai delapan kursi.

Soemito menambahkan, bagi bakal calon dari parpol, juga harus mendapat persetujuan pengurus partai dengan ditandatangani ketua dan sekretaris partai. “Dan harus datang ketika mendaftar,” jelasnya. (zak/fiq)
(Dikutip dari Radar Bojonegoro 28 Juli 2010)

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: