Kades-BPD Tolak Pasar Baru Beroperasi – Minta Tuntutan Pengelolaan Ponten dan Parkir Dikelola Desa

TUBAN-Konflik relokasi pasar Karangangung Kecamatan Palang belum tuntas. Kini pihak Kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat mendesak pemkab Tuban agar tak mengoperasionalkan pasar baru, sebelum tuntutan warga dipenuhi.

Tuntutan Kades-BPD dan warga setempat, agar ponten dan parkir dikelola oleh pemdes dan kompensasi 50 persen dari hasil pasar Karangagung. Selain itu agar karyawan pasar lama diangkat menjadi karyawan pasar baru.

”Sebab, jika itu tak dilakukan maka rawan kemarahan warga,” tegas Lasman, salah satu anggota BPD Karangagung kepada Radar Bojonegoro, kemarin (27/7).

Dikatakan dia, saat ini warga Karangagung masih resah dengan masih beroperasinalnya pasar baru Karangagung. Sedangkan permasalahan belum beres. ”Jika memang itu tak diindahkan, maka warga mengancam akan memblokade akses menuju pasar baru Karangagung,” paparnya.

Lasman menambahkan, sampai kemarin pasar baru Karangagung masih beroperasi. Sebagian kecil pedagang masih berjualan ditempat tersebut. Meski demikian, sebagian besar pedagang masih bertahan dipasar lama. Dia menambahkan, pihaknya juga telah mengirimkan surat ke DPRD Tuban agar ikut merespon tuntutan warga Karangagung. Sebab, pasar tersebut masuk wilayah Desa Karangagung.

Sementara itu, dukungan terhadap warga Karangagung terus mengalir. Kali ini, anggota komisi A DPRD Tuban, Fahmi Fikroni mendukung agar tak dioperasionalkan terbelih dahulu pasar baru Karangagung. ”Kami minta untuk tidak dioperasionalkan dahulu pasar baru Karangagung sebelum ada penyelesaian yang jelas antara Pemkab dengan pihak Desa,” tegasnya. Pihaknya berharap pemkab bersikap persuasif melindungi kepentingan Pemerintah Desa dan Masyarakat agar tak arogan. ”Karena kami khawatir dengan arogansinya pemkab terkait pasar Karangagung ini akan menimbulkan konflik dan kekerasan yang merugikan masyarakat kecil. Sebab prioritas utama pembangunan adalah kepentingan rakyat bukan eksekutif,” terang politisi muda asal Jenu ini. (zak/nas) (Dikutip dari Radar Bojonegoro, 28 Juli 2010)

Iklan

, , , ,

  1. #1 by dyra on Juli 28, 2010 - 3:09 pm

    kok hanya Fahmi yang yg mendukung Kades dan BPD desa Karangagung, wahai wakil rakyat yang lainnya mana …? katanya anda mewakili rakyat. mana suara wakil rakyat dari Dapil 2…..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: