Komisi A Kunjungi Lokasi Rencana Waduk Blok Cepu

Oleh : kebupaten bojonegoro
Kamis, 26 Agustus 2010
Sejumlah anggota Komisi A DPRD Bojonegoro mengunjungi lokasi rencana pembangunan waduk di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem. Lokasi pembangunan waduk yang dikunjungi itu nantinya akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan air injeksi puncak produksi Blok Cepu yang airnya diambilkan dari Sungai Bengawan Solo. “Kita ingin mengetahui secara pasti lokasi yang bakal dibangun waduk,” kata Sekretaris Komisi A Sigit Kusharjanto.

Dari pantauan Komisi A, dengan pembangunan waduk itu nantinya dapat merubah tanah tadah hujan di dekitar Lapangan Migas Banyuurip menjadi sawah irigasi teknis. Sehingga dapat meningkatkan produktifitas pertanian di beberapa desa disekitar tambang. “Kami dari awal mendukung pembangunan waduk. Karena manfaatnya lebih banyak bagi masyarakat disekitar lokasi pengeboran,” tegas Sigit.

Selain meninjau lokasi waduk, lanjut dia, rombongan komisi A juga ingin mengetahui persoalaan pembebasan lahan Blok Cepu. Pasalnya, dari temuan komisi yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan ini menemukan adanya akte dobel atas satu nama pemilik tanah, yakni mantan Kades Mojodelik, Sukaran. “Selain itu, kita juga mendapat laporan ada tanah milik warga yang belum dibebaskan tapi sudah diratakan,” jeaslnya.

Disinggung tentang siapa pemilik tanah yang belum dibebaskan tapi sudah diratakan, “Karena itu kita ingin datang ke lokasi dan berdialog dengan pemilik dan perangkat disana. Agar maslah ini cepat diselesaikan,” elaknya.

Perlu diketahui, kunjungan rombongan Komisi A dilokasi waduk ini setelah muncul pro kontra wacana rencana desalinasi air laut untuk kebutuhan injeksi puncak produksi Blok Cepu. Dimana dalam desalinasi ini akan mengambil air lut dari Pantai Rembang Jateng. Dalam kunjungan ini Komisi A didampingi Sekdes Mojodelik, Parlin dan sempat berdialog dengan warga setempat. (Kominfo/PTI) (Dikutip dari website Pemprov Jatim, 27 Agustus 2010).

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: