AKD Tuban Netral Dalam Pilkada

Sunday, 26 September 2010 21:11 Media Online Bhirawa
Tuban, Bhirawa
Asosiasi kepala desa (AKD) Kabupaten Tuban menegaskan akan bersikap netral dalam proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 1 Maret 2010 mendatang, hal tersebut ditegaskan oleh Mashuri Ketua AKD Kabupaten Tuban yang baru terpilih dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) II kemarin (26/9) di Graha Sandia PT. Semen Gresik.

Meski menegaskan netral adalm Pilkada Tuban, Kepala Desa (Kades) Cendoro Kecamatan Palang Kabupaten Tuban ini tidak bisa memberikan sangsi secara administrasi dalam ke-organiasian AKD yang mana hingga saat ini didalam AD/ART AKD belum disebutkan hal tersebut.
“Kami tegaskan, bahwa AKD secara kelembagaan nanti akan netral dan tidak memihak siapapun cabub yang akan bertarung dalam Pilkada mendatang, akan tetepi kami tidak bisa membetasi dan atau melarang teman-teman Kades yang membatu Cabub, karena semuanya sudah diatur dalam UU ataupun PP, bagaiaman posisi kades dalam politik,” Terang Mashuri saat dikonfirmasi bhirawa seusai acara Muskab AKD Tuban Ke II.
Sementara, pasca Muskab ini, AKD Tuban bersama AKD se-Jawa Timur berencana akan melakukan aksi damai ke Jakarta pada 3 Oktober 2010 untuk menyampaikan beberapa aspirasi dan remondasi AKD Ke Presiden dan Mendagri. Diantara rekomendasi issu yang di usung AKD ke Jakarta diantaranya, adanya Otonomi desa yang memberikan kewengan penuh pada kepala desa dengan diatur dalam UU tersendiri.
Selaian itu, issu dari hasil Muskab II, lagi agar ada revisi tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pada perda no. 8 tahun 2006, adanaya jaminan asuransi yang bersumber dari APBD kabupaten yang bersumber diluar alokasi dana desa (ADD), juga peningkatan penigkatan penghasilan masa jabatan Kades yang saat ini 5 tahun agar dirubah menjadi 8 sampai 10 tahun.
“Banyak hal yang menjadi issu yang akan kita sampaikan di jakarta nanti, dan insyaallah seluruh Kades dikabupaten Tuban akan ikut untuk menyampaikan aspirasi,” Terang Mashuri.
Disisi sisi lain, Bupati Tuban Dra. Hj. Haeny Relawati RW, M.Si, bersama Wakil Bupati juga, Drs. Lilik Soehardjono juga hadir dalam Muskan para pimpinan tertinggi di tingkat desa tersebut. Diterangkan dalam sambutan bupati, menghimbau agar para Kades ini sebagai figur ditingkat desa memberikan contoh yang baik pada masyarakat, dan tidak selalu menuntut hak-nya saja.
“Kalau dalam sambutan Bupati tadi, Bupati menghimbai agar kita (Kades) sebagai figur dan simbul ditingkat desa selalu memberikan contoh yang baik, bukan selalu menuntut hak,” Kata Zito Warsito salah satu Kades di Kecamatan Merakurak yang juga panitia Muskab AKD Tuban ke II. [hud] (Dikutip dari harian bhirawa, 27 September 2010)

Iklan

, ,

  1. #1 by WAYAN RENGEL on Oktober 22, 2010 - 2:55 pm

    i alah mbak mbak…wong jujur iku angel…sek lagi mripate plerak plerok ojo ngomong jujur.gombal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: