Tuban, Bojonegoro dan Lamongan Dijadikan KEK

Monday, 27 September 2010 22:51 Media Online Bhirawa
Pemprov, Bhirawa
Kabupaten Tuban, Bojonegoro dan Lamongan diusulkan Pemprov Jatim menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). Ketiga kabupaten tersebut bisa diajukan tetapi harus melengkapi beberapa persyaratan kuat.
Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim H Soekarwo ketika menerima Badan Legislatif DPRD Provinsi Jatim, di ruang Kertanegara, Kantor Gubernur Jawa Timur, Jl. Pahlawan 110, Surabaya (11/9).

Beberapa syarat yang mempengaruhi usulan kawasan ekonomi khusus yaitu diantaranya potensi ekonomi dari kabupaten atau kota, infrakstruktur atau akses jalan, kekhasan atau karakteristik kawasan tersebut dan untuk bisa menjadi khusus harus mempunyai nilai tambah.
Menurut Pakde Karwo sapaan akrab gubernur Jatim, nilai tambah dari kabupaten dan kota yang ditawarkan sebagai kawasan ekonomi khusus karena dipengaruhi adanya kandungan oil gas didaerah tersebut. Oleh karena itu, agar bisa terwujud diperlukan beberapa infrastruktur untuk prasarana di lokasi pengeboran . “oil gas memerlukan pelabuhan minyak dan refeneree diperlukan untuk membuat penyulingan minyak,perlu tanker untuk penyaluran dari poting tanker ke daratan” ujar Pakde.
Lebih lanjut dikatakannya, pengembangan kawasan itu membutuhkan proses. “Tidak hanya di Indonesia,tetapi perkembangan ekonomi di dunia juga membutuhkan waktu atau dalam teori ekonomi memakai variable. Sebagai contoh pembangunan infrastruktur pelabuhan yang belum jadi, dikarenakan masih dalam proses pengerjaan,” tambahnya.
Sedangkan pembangunan infrastruktur darat, sudah dilakukan pengeboran yang berfungsi sebagai jalur pipa gas, dan sudah adanya plotting tanker di daerah Tuban . Kedepan akan dibuat lapangan terbang di Bojonegoro yang berguna untuk mendistribusikan hasil bumi di daerah ini ke daerah lain ataupun untuk diekspor. [iib]

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: