Huda Maju atau Tidak, Diputuskan 2 Oktober

kotatuban.com – Menyusul sikap politik DPC PDIP dan PAN Tuban yang akan mengadakan rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus) dan Musda untuk pencalonan bupati, Pengurus Cabang (PC) NU Tuban juga akan melangkah dengan acara yang sama. Bahkan PCNU mengadakan lebih awal, yaitu tanggal 2 Oktober 2010.

Acara yang dikemas dalam acara Halal Bilhalal warga NU Tuban tersebut akan diselenggarakan Sabtu, 2 Oktober jam 09.00 di LP Ma’arif Jalan Manunggal, kota Tuban. Dalam kemasan ini akan diputuskan apakah ketua PC NU Fatchul Huda akan mencalonkan diri menjadi calon bupati Tuban lewat PKB atau mengusulkan tokoh lain dalam Pemilukada 2 Maret 2011.

Seorang tokoh NU Tuban menyebut kendati kemasannya Halal Bilhalal, acara ini akan dihadiri oleh seluruh ranting se Tuban sehingga nantinya forum ini bisa membuat keputusan, apakah ketua PCNU Tuban positif maju menjadi calon Tuban -1 atau tidak dalam Pemilukada 2011.

“Pertemuan ranting-ranting dan MWC NU itu merupakan forum tertinggi yang bisa memutuskan apakah pak Fatchul jadi maju atau tidak. Masalahnya saat ini Tuban memang betul-betul butuh pemimpin yang amanah,” kata tokoh NU yang juga pengusaha sukses di Tuban ini.
Kalau lusa nanti NU Tuban bisa menentukan sikap maka keputusan ini akan mendahului calon bupati yang ditunjuk oleh DPD PAN dalam Musda 16 Oktober 2010 dan rakersus DPC PDIP Tuban pada minggu pertama Oktober 2010.

Keputusan Rakercabsus NU ini akan menjawab teka-teki tarik ulur pencalonan Fatchul Huda untuk maju merebut kursi bupati Tuban.
Diakui oleh politisi senior ini, memang Huda selama ini tidak menjawab bersedia atau menolak dorongan pengurus PKB Tuban agar ia mau dicalonkan jadi bupati. Apalagi mengingat dia diamanahi menjadi pimpinan jamiyah NU agar NU berfungsi sosial keagamaan dan tidak membawa NU ke ranah politik praktis pada Konfercab NU Tuban, 24 Pebruari tahun 2008 lalu.

“Kalau nantinya ini dijadikan acuan, maka Pak Huda kemungkinan tidak dicalonkan dan ingin fokus di NU saja. Namun kalau ternyata Pak Huda sendiri mau atas desakan Rakercabsus, maka PKB Tuban bisa merekomendasikan,” tambah tokoh lain yang enggan disebut namanya karena khawatir dianggap membela salah satu kubu di NU atau PKB.

Warga NU selama ini dikenal sangat beragam bajunya politiknya. Diantara mereka banyak yang menjadi anggota parpol lain termasuk di PDIP, Demokrat, Golkar, atau lainnya. Sehingga ketika salah satu calon ini dari warga NU, maka bisa saja yang dicalonkan adalah bagian dari mereka, bukan dari pengurus NU Tuban.

Salah seorang pengurus NU sekaligus PKB di Surabaya yang peduli dengan kesejahteraan di Tuban, menyebut siapapun nantinya yang dicalonkan NU harus muslim dan berakhlak. Kalau akan merubah Tuban lebih baik, syarat itu harus diutamakan, dan saat inilah waktunya.

“Saya dan pengurus PKB di Surabaya sudah wanti-wanti (berpesan) kepada teman-teman NU dan PKB di Tuban agar dalam bermain politik (bukan politik praktis) untuk kemaslahatan umat, pilihlah kader yang mampu. Jangan hanya karena dorongan syahwat berkuasa, main tunjuk begitu saja,” ungkapnya.

Jangan sampai pilihan PC NU Tuban salah, apalagi menempatkan orang karena dipaksakan. Citra NU melalui PKB juga harus dijaga jangan sampai karena demi kepentingan orang-perorang atau kelompok, kredibilitas NU – PKB dikorbankan.

“Sebagai kader PKB saya minta kalau ingin Tuban lebih maju dan membawa manfaat bagi banyak umat, saat inilah kita harus berpikir jernih dan cerdas,” tambahnya.(as/achonk) (Dikutip dari website kotatuban.com, 1 Oktober 2010)

Iklan

, , , , ,

  1. #1 by alvin on Oktober 1, 2010 - 8:12 pm

    pak huda akan lebih bermanfaat dalan pengembangan sdm dan pemberdayaan ekonomi masyarakat nu yang selama ini telah dilakukan. jangan terjebak dalam kubangan politik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: