Menggugat Keadilan Bagi Korban Kecelakaan KA di Pemalang.

Korban tewas akibat tabrakan Kereta Api Argo Anggrek dengan Senja Utama di lintasan Desa Jatimulyo, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu, 2 Oktober 2010 berjumlah 36 orang sungguh sangat menggiriskan hati.

Walaupun santunan yang diberikan pemerintah sebesar Rp 65 juta dipastikan akan diberikan dan biaya perawatan bagi korban luka-luka ditanggung PTKAI,  diukur dari sisi  keadilan sosial, belumlah lengkap rasa keadilan yang diperoleh oleh keluarga korban. apalagi bagi keluarga korban yang kepala keluarganya yang menjadi tulang punggung keluarga menjadi korban pada eksiden ini.

Seharusnya kepada anggota keluarga korban yang kehilangan kepala keluarga yang menjadi jangkar kehidupan keluarganya juga mendapatkan bantuan penuh dari PTKAI semisal dukungan pembiayaan sekolah bagi anak-anaknya, pengaturan penempatan tenaga kerja bagi penerus penopang ekonomi keluarga korban, pemenuhan kebutuhan pokok, bimbingan kewirausahaan dan lain sebagainya sebagai imbal jasa
wajib akibat keteledoran pengelolaan PTKAI.

Hal ini juga dalam rangka pemberdayaan dari pada semangat kekeluargaan dan gotong royong untuk mengatasi dampak musibah bagi keluarga pengguna jasa PTKAI khususnya, demikian pula
kelak diberlakukan kepada para keluarga pengguna jasa transportasi umum lainnya, katakanlah satu perluasan daripada jaminan kesejahteraan sosial demi penegakan pemenuhan keadilan sosial.

Nantinya mestinya ini hal semacam ini harus bisa dicover oleh semacam Jaminan Kesejahteraan Sosial yang dikelola oleh lemabaga yang kredibel dan dibiayai oleh APBN atau dari sumber-sumber lain. Sehingga kalau hal ini bisa dilakukan rasa keadilan sosial bagi keluarga korban kecelakaan semacam ini bisa ditegakkan dan peningkatan jumlah rakyat non sejahtera bisa ditekan (AM, 3 Oktober 2010)

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: