Demi Cinta, Para Artis Pun Rela Pindah Agama

Oleh : Reny Mardiningsih dan Titis Tri Wahyanti

Dalam beberapa pekan terakhir, publik dikejutkan dengan banyaknya artis Indonesia yang pindah agama. Salah satunya Pinkan Mamboo. Pelantun hits Kekasih Yang Tak Dianggap ini untuk kedua kalinya diberitakan telah pindah agama. Berita Pinkan Mambo pindah agama tersebut dibenarkan oleh ibunya Deetje. Kecewa, itu yang dirasakan oleh seorang ibu mendengar kabar tersebut.

Selama ini kata Deetje, ibu Pinkan belum pernah melihat Pinkan pergi ke gereja. Namun menurut Deetje, Pinkan sudah mulai belajar agama lain dari bulan April 2010. Deetje mengungkapkan kalau pemilik nama lengkap Pinkan Ratnasari Mambo itu banyak berubah belakangan ini. Meski demikian, keputusan Pinkan pindah keyakinan tidak membuat Deetje merasa kehilangan anak. “Anak merupakan titipan Allah dan kita tidak boleh mencintai anak 100 persen, selain kepada Sang Pencipta,” ujar Deetje.

Artis cantik yang juga pernah menjadi VJ MTV Rianti Cartwright disebut-sebut juga telah pindah agama setelah menikah dengan kekasihnya Cas, dimana pernikahan itu sendiri berlangsung di Gereja Old St Patrick, New York, Amerika Serikat. Sebelum menikah di Amerika Serikat, Rianti sudah terlebih dahulu berpindah keyakinan. Kabar itu sendiri didapatkan dari buletin informasi Warta Paroki di Gereja Katolik Keluarga Kudus, Kompleks Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Meski begitu santer kabar kepindahan Agama Rianti Cartwright, namun ketika manajer Rianti bernama Adi diminta klarifikasi, dia bersikukuh hanya berkomunikasi dengan Rianti soal pekerjaan. “Aduh, saya nggak tahu soal-soal begitu. Saya malah tahu dari media-media ada berita kayak begitu,” kilahnya.

Untuk lebih jelasnya, Ade menganjurkan agar dikonfirmasi kepada Romo di Gereja yang disebut memberitakan kabar rencana pernikahan Rianti dengan penyanyi bernama lengkap Alfoncius Dapot Parulian Nainggolan tersebut. “Tanya saja sama Romonya. Romo kan nggak mungkin bohong,” katanya.

Di tempat terpisah, petugas Gereja Keluarga Kudus Pasar Minggu, Robert, mengatakan tidak ada petugas Sekretariat Paroki yang bisa memberikan keterangan. Saat wartawan meminta Warta Paroki, Robert mengatakan buletin tersebut sudah habis. “Sudah habis dibawa pulang sama Jemaat Gereja,” kata dia.

Kabar pindah agama juga melanda Happy Salma. Untuk mewujudkan impiannya menikahi Tjokorda Bagus yang keturunan raja, Happy dikabarkan sudah menjalani upacara pindah agama Hindu.

Dia diketahui menjalani upacara pindah agama Hindu, Sudhi Wadani di Villa Ibah, Ubud, Rabu (29/9) kemarin. Happy rencananya akan menikah dengan kekasihnya, Tjokorda Bagus yang dipacarinya sejak 4 tahun lalu Minggu besok di Puri Saren Kauh, Ubud. Upacara akan digelar dalam adat Hindu. Selain di Bali, Happy dan suami juga akan menghelat pesta di Sukabumi pada 16 Oktober pukul 11.00.

Pengajar pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah dan alumnus dari Universitas Al-Azhar dan Kairo University Mesir Dr. Zainun Kamal menjelaskan bagaimana pandangan Islam tentang pernikahan beda agama ini. Menurut Zainun dalam hukum agama yang umum ada dua penjelasan: Pertama, secara eksplisit teks Al Quran membolehkan laki-laki muslim menikah dengan perempuan non-muslim. Itu terdapat dalam surat al-Maidah ayat 5.

Bagaimana kalau perempuannya yang muslim dan pihak pria non muslim? Zainun mengatakan bahwa teks Al Quran secara eksplisit juga tidak ada yang melarang. Hanya saja mayoritas ijtihad para ulama termasuk di Indonesia, tidak membolehkannya meski secara teks tidak ada larangan. Makanya yang membolehkan memiliki landasannya dan yang melarang juga punya landasan tertentu. Larangan muslimah menikah dengan laki-laki non-Islam itu juga tidak disebutkan dalam Al Quran. “Ini merupakan pendapat sebagian ulama,” katanya.

Menurut Zainun, persoalan nikah beda agama ini, lebih pada efek jangka panjangnya. Seperti masalah anak. Tetapi yang perlu diperhatikan dan yang terpenting adalah bagaimana suami-istri itu mendidik anak secara baik. Karena dalam semua agama mengandung nilai moral yang sama dan bersifat universal. “Kita mendidik anak untuk berbuat baik pada orangtuanya. Kita mendidik anak kita supaya jangan berbuat jahat dan berbuat baik pada siapa saja. Itu adalah nilai-nilai universal yang sangat ditekankan semua agama. Jadi kita didik anak kita secara baik kemudian dia pilih agama apa, hal itu terserah anak,” katanya.

Tren Dunia

Mudahnya seseorang pindah agama tak hanya terjadi di kalangan selebritas Indonesia saja. Gejala yang sama juga terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat. Survei Pew Forum on Religion and Public Life yang dilaporkan CNN belum lama ini menyebutkan lebih dari separo warga Amerika Serikat telah berpindah agama. Namun di Amerika faktornya tak selalu karena pasangan, melainkan kebebasan individu.

Gregory Smith, salah seorang peneliti Pew Forum, mengatakan, tidak ada pola yang sama tentang alasan mereka pindah agama. “Hanya sebuah kebebasan untuk semua. Seperti Anda menyaksikan kebebasan pasar pada dunia kerja. Jika orang-orang tidak puas, mereka akan pergi dan jika mereka melihat sesuatu lebih baik, mereka akan bergabung,” kata Smith.

Banyak warga AS pindah agama karena mereka pindah ke komunitas baru dan lainnya karena mereka menikah dengan seseorang yang beda agama. Beberapa di antaranya tidak suka dengan pendeta atau pastor mereka dan beberapa lainnya menyukai pastor di gereja lain. “Dan banyak orang mencantumkan lebih dari satu alasan pindah (agama),” kata Smith.

Ia menegaskan, beberapa faktor yang diperkirakan sebagai alasan orang pindah agama seperti skandal seks di gereja atau ilmu pengetahuan tidak mempercayai agama ternyata tidak banyak berpengaruh. Salah satu artis Hollywood yang diketahui pindah agama adalah Jenifer Aniston. Saat ini Jennifer mencoba mencari ketenangan hatinya, dan ia pun memutuskan berpindah agama.

Jennifer saat ini dikabarkan sedang memeluk agama Kabbalah, hal ini didukung dengan adanya dorongan dari Madonna yang memeluk agama ini lebih dulu. Madonna meyakinkan Jennifer bahwa setelah memeluk agama ini, hidupnya menjadi lebih baik dan ia bisa menyelesaikan masalahnya dengan tenang. Bukan hanya Madonna saja yang membuatnya yakin memeluk agama Kabbalah, namun ada juga Gwyneth Paltrow, Gwyneth adalah mantan kekasih Pitt sebelum Pitt menjalin kasih dengan Jennifer Aniston. Gwyneth menjelaskan bahwa agama ini membawa kedamaian dalam hidupnya. Sebelum memeluk agama Kabbalah, Jennifer Aniston sempat memeluk agama Budha setelah berpisah dari Brad Pitt.

Editor: IC
Sumber: Surabayapost, 2/10/2010

, , , ,

  1. #1 by bolehngeblog on Oktober 19, 2010 - 10:10 am

    terima kasih atas sharing info-nya..

    beruntung sekali agama islam yang memiliki ummatnya yang pindah agama ke agama lain. Mengapa?? karena survei membuktikan bahwa orang-orang yang pindah agama tersebut biasanya memiliki perilaku yang kurang cocok untuk ditiru..

    trims,
    Bolehngeblog

  2. #2 by bolehngeblog on Oktober 19, 2010 - 10:16 am

    terima kasih atas sharing info-nya..

    beruntung sekali agama islam yang memiliki ummatnya yang pindah agama ke agama lain. Mengapa?? karena survei membuktikan bahwa orang-orang yang pindah agama tersebut biasanya memiliki perilaku yang kurang cocok untuk ditiru..ya setidaknya berkuranglah orang-orang yang malah “menusuk” agama sendiri dengan perilakunya yang kurang baik tersebut.

    trims,
    Bolehngeblog

  3. #3 by abrakadabra on Oktober 22, 2010 - 5:20 pm

    salut dan cocok diacungin jempol untuk para artis yang karena cinta dan harta mau meninggalkan keyakinannya (untuk agama apapun)..jarang ada orang yang mau dan bisa meninggalkan Tuhan-nya untuk hal-hal seperti itu…

    Bolehngeblog

  4. #4 by DUTA ILMU TUBAN on Desember 10, 2010 - 11:48 pm

    NA’UZDUBILLAH MIN DHALIK

  5. #5 by erna on Februari 28, 2011 - 7:57 am

    saya pribadi secara jujur dalam hati bahwa memeluk suatu agama adalah suatu hak individu, namun amat disayangkan klo motivasi hanya krn harta,tahta bahkan cinta…
    Agama tdk bs dikaitkan dgn perilaku individu karena agama adalah pedoman hidup. Ya salahkan orgnya bukan agamanya toh agama khususnya islam tdk pernah mengajarkan hal buruk
    dan dalam keyakinan agama islam sangat keras umatnya menikahi agama lain, begitupun yg sy liat dari agama lain, so, hormati keyakinan org lain.klo mau nikah, nikahilah org satu iman.itu lebih baik.

  6. #6 by chika on April 16, 2012 - 3:30 pm

    setiap manusia diberi kebebasan memilih,….
    bijaksana lah dalam mengambil keputusan krn kita bertanggungjawab atas pilhan kita sendiri….

  7. #7 by dulor on November 18, 2012 - 1:20 am

    subhanallah,semoga ada mukzizat untukmu riyanti,Demi Allah lebih baik saya mati dari pada harus Murtadz.

  8. #8 by Ria on Maret 22, 2013 - 1:09 pm

    “Kita mendidik anak untuk berbuat baik pada orangtuanya. Kita mendidik anak kita supaya jangan berbuat jahat dan berbuat baik pada siapa saja. Itu adalah nilai-nilai universal yang sangat ditekankan semua agama. Jadi kita didik anak kita secara baik kemudian dia pilih agama apa, hal itu terserah anak,” katanya.

    kedengaranya… sangat Pluralis sekali :}

    Tauhid itu ngga ada di agama lain

  9. #9 by pingkan on Juli 26, 2013 - 5:38 pm

    agama adalah keyakinan pribadi seseorang kepada Tuhannya, apakah kita sebagai umat manusia ketika bermasyarakat hanya dengan melihat agamanya?? tolong pikirkan+pertimbangkan keyakinan anda itu

  10. #10 by Pujiati. Rahardjo on Juli 27, 2016 - 6:47 pm

    Apapun alasannya jgn sampai kita sebagai umat ISLAM menggadaikan aqidah kita apa lagi demi cinta kepada sesama makhluk yang namanya manusia. Cinta sejati hanya kepada ALLAH. Bagaimana kita bisa masuk ke dalam SYURGA-NYA bila kita tdk beriman kepad ALLAH YANG MAHA SEGALANYA. Yang ada neraka jahanam menanti bila kita menggadaikan aqidah. Na’uzubillah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: