Pasangan DJARET Dideklarasikan

kotatuban.com – Mendekati waktu pendaftaran calon bupati/wakil bupati Tuban, satu persatu pasangan bakal calon mulai muncul kepermukaan. Setelah Bambang Lukmantono yang berpasangan dengan Masduki (BAMA), kini giliran pasangan Djarwoto dan Edi Toyibi (DJARET) yang mendeklarasikan diri dan menyatakan tekadnya maju dalam Pemilukada Tuban 2011.

Acara deklarasi yang dihelat dikediaman Djarwoto dan Edi Toyibi di komplek perumahan Bukit Karang Tuban, dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM serta beberapa figure yang akan maju dalam Pemilukada Tuban. Diantara calon bupati yang hadir antara lain Cong Ping, Setyo Budi, Sanyoto dan Bambang Lukmantono. Sementara itu, dari perwakilan parpol tampak hadir Arilikian (Republikan), Tanto (PNIMarhaenisme), Andi Akram (Patriot) serta beberapa lainnya.

Acara deklarasi diawali dengan orasi politik oleh budayawan dan penggiat politik, Suyono Pasha atau akrab dipanggil Cak Yon. Dalam orasinya, seniman budayawan sekaligus penggiat politik ini mengatakan bahwa masyarakat kita telah sangat akut dicekoki dengan logika angka (uang/money politik-Red).

Akibatnya, persoalan angka ini menjadi sangat penting, dominan, bahkan kadang dianggap penentu kemenangan. Hal tersebut tentu sangat menyedihkan. “Demokrasi yang kita bangun tidak boleh terhenti seputar persoalan angka”, katanya. Untuk itu, menurut Cak Yon, perlu dibangun kesadaran politik yang sehat. “Jangan pilih dengan hati nurani, tetapi pilihlah dengan akal yang sehat”, ungkap Cak Yon yang asli Tuban ini.

Setelah penyampaian orasi, acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi oleh pasangan Djarwoto Tjondronegoro-Edi Toyibi (DJARET). Karena latar belakang pasangan ini adalah budayawan, akademisi, seniman dan sekaligus aktivis penggiat lingkungan, maka kemasan acara deklarasi pun unik dan menarik.

Memasuki acara pemberian sambutan, satu per satu tokoh diberi kesempatan menyampaikan pemikirannya. “Yang kita hadapi sekarang adalah calon yang sangat kuat, punya segala-galanya. Tapi jangan berkecil hati. Yang penting adalah semangat dan keyakinan, kita pasti menang”, kata Cong Ping. Rival politik Haeny dalam Pilkada 2006 itu juga menceritakan pengalamannya yang hampir memenangkan Pilkada. Menurutnya, kalau semua tokoh bersatu, pasti akan lebih mudah mengalahkan lawan.

Seolah tak mau kalah, Setyo Budi (calon yang pernah dinyatakan tak memenuhi syarat oleh KPU pada Pilkada Tuban 2006), dalam sambutannya juga menyatakan bahwa mencalonkan bupati tidak perlu mahal. “Kalau ada yang berkata bahwa mencalonkan bupati perlu dana Rp. 30 Milyar, itu bohong besar. Itu hanya untuk menakut-nakuti saja. Yang penting adalah dukungan yang kuat dan solid”, katanya.

Untuk diketahui, pasangan Djarwoto Tjondronegoro-Edi Toyibi (DJARET) adalah salah satu diantara calon peserta Pemilukada yang berangkat dari jalur independen. Hingga saat ini, menurut Edi Toyibi, jumlah dukungan yang terkumpul sebanyak 25 ribu bukti dukungan. Dukungan tersebut tersebar pada hampir seluruh kecamatan di Tuban.

Sesuai dengan peraturan KPU nomor 13 tahun 2010 pasal 8 yang mengatur tentang syarat minimal dukungan, untuk maju dalam Pemilukada di kabupaten Tuban melalui jalur perseorangan , pasangan calon harus mampu mengumpulkan bukti dukungan sebanyak 3 % dari total jumlah penduduk Tuban. Hal ini karena kabupaten Tuban berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa.

Saat ditanya kotatuban.com, Djarwoto mengatakan pihak optimis mampu memenuhi syarat dukungan minimal. “Kami sangat serius dengan pencalonan ini, dan Insya Alloh kami mampu memenuhi syarat minimal jumlah dukungan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan KPU”, kata Djarwoto yang diamini oleh Edi Toyibi.

Seolah ingin menjawab keraguan public, pasangan DJARET juga mendatangkan para relawan/tim sukses tiap kecamatan, yang pada acara deklarasi, secara simbolis menyerahkan bukti dukungannya. Dengan disaksikan seluruh undangan yang hadir, satu per satu relawan/tim sukses DJARET dari beberapa kecamatan naik ke panggung menyerahkan bukti dukungannya. (achonk).

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: