Jika KPUD Tak Fair dalam Pemilukada Tuban, Diprediksi Rawan Rusuh

TUBAN (jurnalberita.com) – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu-kada) Kabupaten Tuban yang bakal dihelat 2011 diperkirakan bakal mengulang peristiwa rusuh Pilkada 2006. Menurut sejumlah pengamat yang ditemui jurnalberita.com, Selasa (23/11), tanda-tanda bakal rusuhnya Pemilukada Tuban 2011 sudah mulai nampak.

“ Saat sosialisasi KPUD pada perwakilan parpol dan balon (Bakal Calon) saja sudah nampak adanya ketidakingkronan antara KPUD dan peserta Pemilukada,” kata Sudjawoto Tjondronegoro, akademisi Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban.

Menurut Sudjarwoto, KPUD dinilai masih belum mampu melaksanakan fungsinya sehingga seringkali terjadi salah faham dengan para peserta Pemilukada. Ia bahkan mensinyalir adanya keperpihakan KPUD pada peserta tertentu. “ KPUD kurang fair dalam bertugas menyebabkan para peserta Pemilukada nggak sreg dan memunculkan banyak kecurigaan,” tambahnya.

Senada disampaikan dr. Bambang Lukmantono, SH. Direktur Wahana Aspirasi Rakyat (WAR) yang kali ini juga maju sebagai Balon Bupati Tuban lewat jalur independen ini bahkan meminta KPUD Tuban dibekukan jika tidak bisa menjalankan tugas dengan baik. Bambang Lukmantono mengambil contoh, syarat yang ditetapkan KPUD terhadap Balon Independent sebagai buktinya.

“ Dalam verivikasi formal Balon independen harus mengumpulkan sedikitnya 1000 orang, padahal mestinya cukup tandatangan dan fotokopi KTP. Jelas ini memberatkan karena hampir mustahil dapat mengumpulkan orang sebanyak itu dalam waktu singkat,” terang Bambang.

Menanggapi tudingan miring tersebut, Ketua KPUD Tuban, Suminto Karmani membantah
pihaknya tidak fair dan transparan. Menurutnya, KPUD telah bekerja maksimal. Adapun kenyataannya masih terjadi silang pendapat, katanya, itu merupakan hal yang wajar. “ Wajar, kan, ada perdebatan. Ini kan alam demokrasi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP I Nyoman Lastika berharap semua pihak bisa meredam emosi hingga bisa tercipta suasana kondusif menjelang dilaksanakannya tahapan-tahapan Pemilukada. Nyoman mengaku belum berani memprediksi lebih jauh ada tidaknya potensi rusuh seperti pada Pilkada 2006 lalu. “ Ya kita do’akan nggak terjadi yang seperti tahun lalu, lah,” ujarnya santai.

Hingga hari ini, Balon Bupati Tuban untuk Pemilukada 2011 dari jalur independen tercatat dua pasangan, yakni Bambang Lukmantono dengan Edy Thoyibi dan Chamim Amir dengan Ashadi. Sebelumnya, muncul banyak pasangan Balon Bupati dari jalur independen ini. Namun lantaran beratnya persyaratan yang ditetapkan KPUD, para Balon tersebut mundur teratur dan tinggal dua pasang balon tersebut yang masih bertahan. Sementara balon dari Parpol baru akan diumumkan besok. Sementara itu jumlah pemilih yang telah ditetapkan KPUD sebanyak 1.272.337 orang. Pemilukada Tuban sendiri rencananya digelar Maret 2011 mendatang. (Dikutip dari jurnalberita.com, 24 Nopember 2010).

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: