Batal, Rencana Koalisi PKB – PDIP

Pemilukada Tuban 2011.

Rencana koalisi antara PDIP dan PKB yang dibangun sejumlah kader dua partai tersebut untuk mengusung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) kandas di saat injure time pendaftaran cabup-cawabup di KPUD. Semula beredar kuat jika PDIP akan memberikan rekomendasi kepada Fatchul Huda yang harus berpasangan dengan salah satu kandidat yang mengikuti penjaringan di PDIP.

Namun, setelah terjadi komunikasi politik kedua partai yang pada Pilkada 2006 lalu berkolisi mengusung pasangan cabup-cawabup dan kalah, wacana koalisi yang dibangun malah kandas. Karena kubu PKB menghendaki cawabupnya adalah Noor Nahar Husain yang sejak awal dijagokan PKB yang akan dipasangkan dengan Nashruddin Ali. “Kalau itu, PDIP jelas menolak. PDIP menghendaki cawabupnya salah satu dari kandidat yang ikut proses penjaringan,” ungkap Ketua PDIP Kardjo.

Dengan kandasnya koalisi partai yang selalu bermesraan selama 10 tahun terakhir ini dipastikan bakal berangkat sendiri-sendiri untuk mengusung cabup-cawabup dan akan saling berhadapan. Padahal, kedua partai dan tokoh-tokohnya berniat mengalahkan pasangan poros Pendopo, yakni Heany Relawati dan Partai Golkar sebagai pendukungnya dalam Pemilukada 2011 mendatang.

Ditambahkan Kardjo, setelah DPP PDIP melihat perkembangan politik di Tuban dan mepetnya waktu pendaftaran, kewenangan memberikan rekomendasi didelegasikan ke DPD PDIP Jawa Timur. “Insya Allah malam ini tuntas semua dan Selasa (30/11) kami siap mendaftarkan pasangan cabup-cawabup dari PDIP tanpa koalisi dengan PKB,” tegas politisi asal Singgahan Tuban itu.

Informasinya, PDIP telah menjalin koalisi dengan sejumlah partai non parlemen sehingga suara yang dimiliki sudah lebih dari batas minimal yang diperyaratkan oleh KPUD. Meski begitu partai berlambang kepala banteng moncong putih ini tetap melakukan komunikasi politik dengan partai yang belum menentukan dukungan atau rekomendasinya. “Untuk menambah amunisi kami memang terus melakukan komunikasi politik kepada partai lain agar bersama-sama berjuang memenangkan pasangan yang bakal diusung PDIP dan kaolisinya,” tambah Kardjo.

Informasi lain juga menyebutkan, jika PDIP sudah sepakat mengusung pasangan MANTEB (Moh. Anwar dan Teguh Prabowo). Namun, pasangan ini masih belum diumumkan karena yang bakal mengumumkan adalah DPD PDIP Jawa Timur sebagai pemegang kekuasaan DPP PDIP terkait rekomendasi cabup-cawabup Tuban 2011. “Sampai sekarang rekom itu belum saya terima. Kita tunggu sajalah siapa yang akan didaftarkan ke KPUD,” tegas Moh. Anwar.

Kemungkinan rekom itu ke Moh. Anwar sangat beralasan, selain lelaki yang juga pengusaha dan Ketua LP2NU Tuban ini mengikuti penjaringan juga menyertakan partai yang siap berkoalisi sehingga memungkinkan PDIP mengusung cabup-cawabup. “Dengan 6 kursi yang dimiliki PDIP memang harus ada tambahan suara yang signifikan untuk bisa mengusung cabup-cawabup,” tutur Anwar.

Sementara dari kubu PKB dipastikan bakal mengusung Fatchul Huda yang berpasangan dengan Noor Nahar Husein. Untuk mengusung cabup-cawabup dengan 7 kursi di DPRD Tuban yang dimiliki PKB harus mencari tambahan 1 kursi lagi. “Sudah dapat tambahan kok, yakni PBB. Tapi, soal cawabupnya ini yang masih dibicarakan,” terang salah satu kader PKB.

Di kalangan kader PKB dan NU Tuban juga telah beredar SMS yang menyatakan, “mohon doa dan dukungan untuk ketua NU Cabang Tuban Bapak Fatchul Huda, besuk Selasa (30/11) akan mendaftarkan diri ke KPUD sebagai calon bupati. “Saya juga menerima SMS itu, sebagai kader NU jelas kami sangat setyhy dan mendukung pencalonan H Fatchul Huda sebagai calon bupati Tuban 2011-2016,” tegas Wakil Sekretaris PAC Fatayat Singgahan, Nur Afifah (Dikutip dari kotatuban.com, 29 Nopember 2010)

, , , , , ,

  1. #1 by lailul badriyah on Desember 26, 2010 - 12:02 pm

    Sangat disayangkan antara PKB, PPP tidak bisa digandengkan PDI-P sebagai menyatunya kehendak mayoritas santri tradisional yg mayoritas miskin dengan kaum abangan yang nasionalis pinggiran. Apakah ini tanda-tanda kita (hudanoor) dan mereka (M.Anwar-Tulus Setyo) akan gagal meraih kemenangan…. wallahu alam bissawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: