PKB, PDIP, PPP dan Gerindra Akankah Berkoalisi?

Hari Ke-5 Pendaftaran Ke KPUD – Pemilukada Tuban 2011

Meski masa pendaftaran calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Tuban bakal berakhir pada Selasa (30/11), atau tinggal dua hari lagi, namun beberapa partai seperti PKB, PDIP, PPP dan Gerindra masih belum ada kejelasan rekomendasi maupun arah koalisi yang akan dibangun untuk mengusung cabup-cawabup dalam Pemilukada 2011 mendatang.

Keempat partai ini, dengan suara hasil Pileg 2009 yang kurang dari 15% dari jumlah kursi yang ditetapkan, tidak bisa mencalonkan cabup-cawabup tanpa koalisi dengan partai lain. Karena PKB hanya memiliki 7 kursi, PDIP 6 kursi, PPP dan Gerindra masing-masing 4 kursi.

“Nggak tahulah, DPP PDIP merekomendasi siapa, mungkin besuk (Senin, 29/11) rekom itu turun,” terang salah satu kandidat bupati yang ikut penjaringan di PDIP, Teguh Prabowo, Minggu (28/11).

Ditambahkan lelaki yang biasa disapa Cong Ping itu, diperkirakan rekom itu bakal satu paket, yakni calon bupati sekaligus calon wakil bupati. Alasannya, karena waktu yang mepet, sehingga, setelah rekom dipegang kandidat langsung didaftarkan ke KPUD. “Informasinya memang satu paket, karena mepetnya waktu,” tegas Ping yang juga berharap rekom PDIP itu jatuh ke tangannya.

Sementara itu, PPP yang diikuti pendaftar dalam penjaringan cabup-cawabup sebanyak empat orang cabup yaki Setyabudi, Bambang Suhariyanto, Sukirman dan Nashruddin masih belum jelas rekomendasinya diberikan siapa. “Belum, belum, masih kita bicarakan. Insya Allah Senin (29/11) sudah tuntas,” jelas Ketua DPW PPP Jatim, Musyafak Nur.

Hal yang sama juga terjadi di PKB. Bahkan, partai besutan PB NU ini masih terjadi tarik ulur setelah Fatchul Huda hampir dipastikan bakal mencalonkan diri sebagai cabup. Semula DPC PKB Tuban telah memutuskan akan mengusung Ketua DPC PKB Tuban Noor Nahar Husain. Bahkan, calon wakil bupati yang akan digandengkan dengan Noor Nahar sudah ditentukan, yakni Nashruddin yang kini masih menunggun rekom dari PPP. Nashruddin sendiri merupakan adik kandung Fatchul Huda.

Poster Nashruddin yang dipasang berdampingan dengan Noor Nahar sudah terpasang dan tersebar di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Tuban. “Saya tidak tahu, apakah rekom DPP PKB sudah turun atau belum, tanya Pak Noor (Noor Nahar-Red) langsung saja,” tutur Wakil Ketua DPC PKB Tuban Hadi Kaswanto.

Sementara yang sudah pasti dan siap mendaftar pasangan cabup-cawabup adalah pasangan Setiadjit-Bambang Suhariayanto (SEHAT). Pasangan ini bakal diusung PKNU, PAN, PKS dan Demokrat. Bahkan dikabarkan masih ada sejumlah partai parlemen maupun non parlemen yang siap bergabung pasangan yang mengusung motto Tuban Untuk Semua itu. Pasangan lain yang sudah siap, yakni, pasangan Kristiawan-Heany Relawati yang diusung Partai Golkar. “Kalau tidak Senin ya Selasa kami daftar ke KPUD,” terang Kristiawan (Dikutip dari kotatuban.com, 29 Nopember 2010)

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: