Korban Rekrutmen CPNS 2009 Demo Pemkab Tuban

Disaat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban disibukkan dengan pendaftaran calon pegawai negeri sipil Daerah (CPNSD) 2010, ternyata 30 calon pegawai negeri sipil daerah CPNSD tahun 2009 yang telah diterima sebagai CPNS Pemkab Tuban atas Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor : 810/68/414.103/2009, menuntut agar segera diberikan SK Pengangkatan.

Para CPNS tahun 2009 melakukan orasi di depan kantor Pemkab Tuban di Jalan Kartini, untuk meminta pertangungjawaban Pemkab Tuban karena merasa hingga ditelantarkan. Sebab, setahun atau semenjak dikelurakannya surat penerimaan seleksi CPNSD oleh bupati pada bulan Desember 2009 hingga saat ini (Desember 2010,red), tidak ada kepastian apapun. “Kami ini dengan jerih payah mengikuti ujian CPNSD pada 2009, mencoba untuk bersabar dan menunggu sikap resmi dari Bupati, akan tetepi sudah setahun ini tidak ada kata yang pasti,” kata Ali Musthofa, salah satu peserta aksi demo, Rabu (1/12).

Para CPNS 2009 merasa dirugikan dengan keluarnya SK Bupati Nomor : 810/68/414.103/2009, yang menjelaskan mereka lolos dalam seleksi CPNS. ”Namun hingga saat ini juga belum ada sikap tegas dari Pemkab, kami ini malu pada tetangga kanan kiri, katanya lolos tapi kok tidak dapat surat pengangkatan,” lanjut Ali Musthofa.

Setelah dua jam melakukan orasi, akhirnya 10 perwakilan diterima Asisten II, Drs. H. Sutrisno dan Arifatul Makhsum Kasubag Bantuan Hukum Pemkab Tuban. Dalam negosiasi di ruang asisten II sekitar 30 menit, para CPNSD ini diminta untuk bersabar dan menunggu putusan Kasasi dari Mahkamah Agung (MA) “Pemkab masih menunggu hasil Kasasi dari MA atas putusan PTUN Surabaya, oleh karena itu saya tidak bisa memberikan penjelasan apa-apa, memang faktanya masih dalam gugatan hukum,” kata Sutrino.

Setelah tidak mendapapatkan jawaban yang pasti dari Pemkab, para pendemo ini menuju ke Kantor DPRD Tuban untuk mengadukan nasibnya. Mereka diterima M.Musa, S,Ag (Komisi C), Sucipto, Saiful Huda (Komisi A) dan Khozanah Hidayati (Komisi B). Dalam pertemuan tersebut, para wakil rakyat dalam waktu dekat akan meminta keterangan dari Badan Kepegawaian (BKD) Pemkab Tuban, dan Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) di Jakarta.

“Kita akan meminta penjelasan dari BKD dan BAKN, mengapa sampai saat ini mereka ini belum mendapatkan SK dan Nomer Induk Pegawai (NIP). Mereka ini punya hak, dan tidak ada urusanya dengan sengketa gugatan CPNS yang lain,” kata politisi dari Partai Golkar yang juga Ketua Komisi C Dprd Tuban.

Untuk di ketahui, setelah Bupati Tuban mengeluarkan SK pada rekrutmen CPNS 2009 lalu, sebagian peserta yang namanya tidak masuk dalam SK merasa tidak terima dan melayangkan gugatan ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Surabaya. Hasilnya, PTUN mengeluarkan putusan yang isinya membatalkan SK Bupati tersebut.

Tidak terima dengan putusan itu, Pemkab Tuban kemudian melakukan banding ke PTTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara). Namun, hasilnya tetap sama. PTTUN menguatkan putusan PTUN Surabaya. Dan pada 22 November kemarin, gabungan peserta CPNS yang tidak lolos melayangkan Kasasi ke MA karena Pemkab tak kunjung membuat SK baru untuk mengangkat para penggugat. (Dikutip dari Harian Bhirawa, 2 Nopember 2010)

, , ,

  1. #1 by danang on Desember 2, 2010 - 12:46 pm

    kumi tunggu langkah konkretmu wahai wakil rakyat kami.

    • #2 by Achmad on Desember 2, 2010 - 4:23 pm

      Tolong bener2 diperjuangkan ya ibu wakil rakyat…. qt ini sungguh sgt menantikan keputusan

  2. #3 by indah on Desember 2, 2010 - 10:19 pm

    besar harapan kami,melalui bapak ibu wakil rakyat di DPRD Tuban permasalahan ini bisa segera terselesaikan….Amin….

  3. #4 by Basuki Sujatmiko on Desember 6, 2010 - 11:06 am

    wahai dprd tuban, gusur pejabat korup dan nggak bener kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: