PBNU Berharap Eksponen Awal PKB Bersatu Kembali

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berharap eksponen awal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kini terpecah dalam PKB Ancol, PKB Parung, dan PKNU dapat bersatu kembali.

“Yang terbaik ketiga kekuatan disatukan, meski saya yakin sangat sulit,” kata Sekjen PBNU Iqbal Sullam saat menjadi pembicara diskusi di kantor DPP PKB Gus Dur, Kalibata, Jakarta, Kamis.

Menurut Iqbal, ketiga kubu sebaiknya kembali ke visi dan misi awal PKB atau kembali ke visi dan misi NU sebagai organisasi yang melahirkan PKB.

“Kita kesampingkan dulu visi kekuasaan, kita harus kembali membangun dan memenangkan visi dan misi menyejahterakan umat,” katanya.

Menurutnya, sebagai langkah awal sebaiknya ketiga kelompok bertemu dan bersama-sama menghitung peluang mereka dalam Pemilu 2014.

“Coba bicarakan bersama peluang pada 2014. Kalau memang nanti dirasa perlu islah, ya, islah,” kata Iqbal.

Menurutnya, ketiga kubu tersebut harus memikirkan persoalan yang lebih strategis yakni menyangkut masa depan partai Islam, daripada kepentingan kekuasaan jangka pendek, apalagi politisi mereka banyak yang masih berusia muda.

“Ada kemungkinan upaya pelemahan kelompok Islam dalam pemerintahan. Ada kelompok luar yang ingin kita tetap lemah, ini harus diwaspadai,” katanya.

Pendapat senada dikemukakan Laode Ida. Menurutnya, kekuatan PKB tidak akan cukup tanpa didukung pencitraan dan simbol.

Menurut pemerhati NU itu, simbol yang kuat bagi PKB adalah Gus Dur, dan pembawa simbol Gus Dur yang paling tepat adalah Yenny Wahid.

“Kalau rekonsiliasi harus ada yang mengalah. Muhaimin tetap menteri, tapi harus ada tokoh lain yang bawa simbol-simbol itu,” katanya.

PKB Gus Dur berencana menggelar Muktamar III PKB di Surabaya, 26-27 Desember 2010. Diskusi bertajuk “Politik Gus Dur 2014” tersebut digelar sebagai kegiatan pramuktamar.(Dikutip dari yahoo.co.id 17 Desember 2010).

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: